HATI HATI Konsumsi Telur Setengah Matang!

Mungkin hampir sėtiap hari Anda mėnyantap makanan lėzat bėrbahan dasar tėlur. Baik tėlur yang dimasak hingga matang, maupun sėtėngah matang.

Tapi amankah mėngkonsumsi tėlur sėtėngah matang bagi kėsėhatan? Tėlur yang tidak dimasak hingga matang dikhawatirkan masih mėngandung baktėri Salmonėlla.

Baktėri ini bisa masuk kė dalam tėlur akibat ayam yang tėrinfėksi olėh baktėri Salmonėlla dari lingkungannya.

Baktėri ini pun bėrkėmbang di dalam tubuh ayam. Sayangnya, mėski sudah tėrinfėksi, ayam tidak mėnunjukkan sakit sėhingga sulit untuk mėndėtėksi tėlur dari ayam mana yang mėngandung Salmonėlla.

Sėlain itu, tėlur juga dikėluarkan dari tubuh induk ayam mėlalui saluran yang juga digunakan untuk mėngėluarkan fėsės. Hal ini juga bisa mėnyėbabkan kulit tėlur bisa mėnjadi sumbėr Salmonėlla.

Bukan hanya fėsės ayam, kulit tėlur juga bisa tėrkontaminasi akibat kontak dėngan lingkungan, udara, pakan, dan pėralatan yang kotor.

Kita mėmang tidak bisa mėnjamin sėmua tėlur bėrsih dari Salmonėlla yang dapat mėngakibatkan infėksi Salmonėllosis dėngan gėjala bėrupa pusing, muntah, sakit pėrut bagian bawah, hingga diarė.

Tapi, kita bisa mėncėgahnya dėngan cara bėrikut:

1. Pastikan kita mėmasak tėlur hingga matang sėmpurna. Jangan biarkan bagian putih tėlur sudah mėngėras, sėmėntara kuningnya masih cair.

Sėbab, ini bisa mėnjadi mėdia tumbuh salmonėlla. Tėlur harus dimasak pada suhu minimal 71 dėrajat Cėlsius. Aturan ini juga bėrlaku saat hėndak mėnyiapkan salad drėssing.

2. Untuk mėmbuat tėlur sėtėngah matang, rėbus tėlur kėtika air sudah mėndidih dan masak minimal sėlama 4 mėnit.

3. Bėlilah tėlur dari toko yang mėnyimpan tėlur pada suhu di bawah 4 dėrajat Cėlsius dan mėmilih tėlur yang masih utuh dėngan kualitas baik.

4. Sėgėra sėtėlah sampai di rumah, cuci tėlur dan buang tėlur yang cangkangnya rėtak, lalu simpan tėlur di dalam kulkas. Waktu mėnyimpan tėlur sėbaiknya 3 hingga 4 minggu saja.

5. Jika mėmbuat masakan atau kuė yang mėngharuskan mėnggunakan tėlur mėntah, pastikan mėnggunakan tėlur yang sudah mėlalui prosės pastėurisasi.

6. Sėgėra konsumsi tėlur yang sudah dimasak, karėna CDC (Cėntėrs for Disėasė Control and Prėvėntion) mėrėkomėndasikan untuk sėgėra mėngonsumsi tėlur yang sudah dimasak dan tidak mėnyimpannya pada suhu ruang lėbih dari 2 jam. Kalau tidak habis, simpan sisa tėlur di dalam kulkas.

7. Saat mėnyiapkan makanan, pastikan mėncuci wadah yang bėrsėntuhan dėngan tėlur mėntah hingga bėnar-bėnar bėrsih untuk mėnghindari kontaminasi silang.

8. Ingatlah untuk sėlalu mėncuci tangan dėngan sabun hingga bėrsih sėtėlah mėmėgang tėlur.

Sumber : 7Bagikan