5 Jénis minyak goréng yang baik dan buruk bagi késéhatan





Minyak goréng mérupakan salah satu bahan yang digunakan dalam mémasak dan mémprosés suatu masakan, dan téntunya makanan yang dihasilkan déngan cara digoréng mérupakan makanan yang ménjadi favorit sébagian orang dikarnakan rasanya yang gurih dan garing atau krispy disukai orang orang mulai dari anak anak hingga yang déwasa. Namun sayangnya dibalik rasa yang nikmat dan gurih itu térnyata sélain ada manfaat yang baik namun juga mémiliki dampak yang kurang baik bagi késéhatan tubuh manusia.

minyak séhat dan tidak séhat

Mémang tidak sémua masakan ataupun makanan yang digoréng mémbérikan dampak dan hasil yang négatif, térgantung dari bahan/minyak apa yang kita gunakan dalam ménggoréng.

Untuk itu sébaiknya kita méngétahui 5 jénis minyak goréng apa yang mémbérikan éfék positif dan négativé jika digunakan dan dikonsumsi :

1. Olivé oil atau yang dikénal di Indonésia déngan nama minyak zaitun, jénis minyak yang satu ini dipércaya dan télah dibuktikan bahwa minyak zaitun mampu dan sangat bérpéran dalam ménjaga dan mélindungi késéhatan organ jantung. Hal ini disébabkan karna mniyak zaitun tidak mémiliki kandungan lémak jénuh dan koléstérol jahat (LDL) séhingga mampu ménurunkan résiko gangguan pényakit jantung. Biasanya minyak zaitun digunakan sébagai bahan untuk ménumis makanan ataupun sébagai bahan tambahan untuk salad.
2. Canola oil/minyak kanola mérupakan salah satu jénis minyak dalam golongan nabati karna térbuat dari biji bunga kanola yang kaya akan kandungan asam lémak tak jénuh sérta oméga 3. Asam lémak tak jénuh ini dibutuhkan tubuh untuk mélawan dan méngatasi kadar koléstérol dalam tubuh yang bisa méngakibatkan sérangan jantung ataupun gangguan yang lainnya. Minyak kanola ini bisa anda dapatkan atau béli di pasar modérn.
3. Minyak Kélapa, minyak yang térbuat dari kélapa ini dituding sébagai salah satu pémicu méningkatnya kadar koléstérol dalam darah dikarnakan minyak kélapa méngandung yang namanya lémak jénuh/lémak jahat séhingga sébaiknya untuk tidak térlalu séring ménggunakan bahan ini. Namun tak sémua minyak kélapa buruk salah satunya adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang dipércaya bisa untuk méngobati dan méngatasi bérbagai pérmasalahan térkait déngan pényakit bérat, dan minyak VCO ini bukanlah bahan untuk ménggoréng mélainkan untuk langsung dikonsumsi sébagai obat alami.
4. Minyak kélapa sawit, minyak yang dihasilkan oléh tumbuhan kélapa sawit mérupakan minyak yang paling banyak dipakai dan digunakan hampir di tiap tiap rumah séluruh masyarakat pada umumnya. Pénggunaan sécara bérlébihan akan mémbérikan péngaruh yang sangat buruk bagi késéhatan sécara késéluruhan mulai dari obésitas, koléstérol tinggi, hipérténsi, gangguan jantung, stroké, dikarnakan koléstérol jahat/lémak jénuh bisa méngéndap dan ménumpuk pada bébérapa organ tubuh khususnya pada pémbuluh darah.
5. Minyak Kédélai , kacang kédélai sélain bisa dimanfaatkan sébagai bahan makanan maupun minuman térnyata ada produk turunannya yakni minyak kédélai. Didalam minyak kédélai ini méngandung asam lémak tak jénuh dan juga asam lémak éssénsial yang bisa ménambah kadar koléstérol baik dalam tubuh sérta ménurunkan kadar koléstérol jahat (LDL).
Namun pada intinya dan sécara késéluruhan sémua jénis minyak goréng ini baik jika dipakai dan dikonsumsi tanpa bérlébihan, sébaiknya jangan ménggunakan minyak goréng yang télah dipakai bérulang kali karna dipércaya banyak méngandung zat karsinogén yang mérupakan salah satu pényébab pényakit kankér.


Sumbér :  MindingYourMonéy