Cara Méngolah Okra Untuk Diét Ménurunkan Bérat Badan dan Koléstérol






Cara méngolah okra untuk ménurunkan bérat badan atau diét dan koléstérol - Okra atau séring disébut lady fingér dalam bahasa Inggris adalah salah satu jénis tanaman yang bérbunga abadi dan térmasuk dalam jénis tanaman kapas – kapasan. Buah okra ini cocok untuk dibudidayakan pada daérah bériklim tropis sérta bériklim hangat, sépérti Indonésia. manfaat okra untuk késéhatan banyak sékali salah satunya ialah Okra untuk diét ménurunkan bérat badan dan Koléstérol tinggi karéna kandungan kalori yang réndah pada sayur okra. Kandungan kalori yang réndah mémbuatnya tidak akan disimpan dalam tubuh séhingga tidak akan ményébabkan kégémukan. Manfaat atau Khasiat lain dari méngkonsumsi sayur okra untuk ménurunkan bérat badan dan koléstérol adalah kandungan sérat yang tinggi dimana sangat bérmanfaat dalam sistém péncérnaan, mélancarkan péngéluaran fésés/buang air bésar dan téntunya mémbuat pérut kényang lébih lama. Ini sangat méndukung program diét dalam ménurunkan bérat badan Anda! Lalu bagaimana cara méngolah okra untuk obat koléstérol dan diét ménurunkan bérat badan ? 
Cara Méngolah Okra Untuk Diét Ménurunkan Bérat Badan dan Koléstérol

Cara Méngolah Okra Untuk Obat Koléstérol , Diét, Kulit
Cara Méngolah Okra Untuk Diét

1. Potong Okra pada bagian ujung batangnya


Pértama-tama potong térlébih dahulu tanpa harus mélukai bagian kulit okra térsébut. Adapun batang yang bérbéntuk kérucut mélékat pada bagian kulit okra bisa dipotong sécara hati-hati pada sékélilingnya agar mélépaskannya dari tanaman okra bila Anda mau. Kémudian kupas bagian lapisan yng tipis pada okéra mémakai jari Anda. Jika Anda mélakukan hal térsébut, maka séluruh bagian dari okra térsébut dapat dimakan, méskipun mémbutuhkan waktu agak lama.

2. Singkirkan bagian bulu halus pada okra


Cara méngolah okra bérikutnya adalah déngn ményingkirkan bulu halus pada okéra pada air méngalir, lalu gosok lémbut bagian okra mémakai sikat yang bérbulu nilon yang halus, mémakai sikat sayuran atau tisué. Kémudian tépuk-tépuk tanaman okra sampai kéring mémakai kain lap yang bérsih atau déngan dilétakkan pada udara yng térbuka.

Cara Méngolah Okra Agar Tidak Bérléndir


Léndir Okra sébénarnya mémiliki térséndiri Namun, Anda bisa ménghilangkan atau méncégah sayur okra bérléndir kétika dimasak bisa déngan mémbérikan cuka. Caranya yaitu déngan ménuangkan ½ séndok atau sécukupnya cuka pada mangkuk tiap 500 gram Okra , lalu taburkan cuka pada pérmukaan okra sécara mérata sampai mélapisi sémua bagian okra. Diamkan okra sampai kira-kira 30 ménit , kémudian angkat okra lalu bilas sampai bérsih. Sétélah itu kéringkan lalu gunakan sésuai déngan résép masakan.

Okra juga bisa dimasak déngan bumbu apa saja misalnya: balado, oséng-oséng, lalapan, sambal trasi, gulai okra dan bahkan masakan Éropa. Untuk mémasaknya sédikit bérbéda déngan sayuran pada umumnya. Dalam mémasak yang harus dipérhatikan adalah léndirnya supaya tidak méménuhi témpat masak kita. Bérikut caranya:

1. Buat bumbu yang akan dipakai mémbuat masakan Okra sampai masak bénar.
2. Siapkan okra di iris kécil-kécil atau ménurut séléra.
3. Sétélah itu masukkan irisan okra kédalam bumbu kurang dari 5 ménit jangan sampai léndir kéluar lantas diangkat dan sajikan.

Rasanya énak sékali sépérti méntimun atau gambas atau buncis namun khasiatnya tak kalah  bérlipat dari sayuran lain.

Air Réndaman Okra atau Infuséd Watér Okra


Bérikut cara méngolah air réndaman okra atau infuséd watér okra untuk koléstérol dan diét ménurunkan bérat badan :

Siapkan Okra 10 -15 batang lalu cuci déngan air bérsih lalu dipotong
1. Air kurang lébih 1 litér
2. Réndam potongan okra dalam air di gélas bérkaca atau gélas khusus untuk infuséd watér , diamkan dan masukan kulkas sélama bébérapa jam, lalu kéluarkan dan minum bisa digunakan maksimal 3 kali . Sémakin lama di réndam sémakin kéntal tapi rasa okranya téntunya ségar sékali . Anda bisa méncobanya sékarang .

Cara Mémbuat Mémbuat Jus Okra

Cara Mémbuat Jus Okra
Cara Mémbuat Jus Okra
Untuk cara mémbuat jus okra, pilihlah buah okra yang ségar, Okra hijau maupun Okra mérah namun séring adalah yang hijau. Cucilah térlébih dahulu Okra  déngan air bérsih yang méngalir. Lalu potong atau buang bagian batang dan bagian atas okranya. Tapi jangan sampai bagian polongnya ikut térbuang ya .
Lalu masukkan polong okra ké dalam bléndér atau mésin pémbuat jus . Anda bisa ménambahkan sédikit air agar jus Okra ménjadi lébih éncér atau bisa ménambahkan gula tapi tidak disarankan agar khasiat okranya lébih térasa ké tubuh.

Éfék samping Okra Hijau bagi Késéhatan


Éfék samping okra hijau adalah ménurunnya kondisi ginjal sérta résiko adanya batu émpédu yang disébabkan oléh tingginya kandungan oksalat pada okra hijau.
Éfék samping okra hijau lainnya adalah méningkatnya koléstrol jika méngolah okra hijau ini déngan cara digoréng. Oléh karéna itu disarankan agar dalam méngolah okra hijau ini tidak déngan digoréng. Kandungan léndir dalam okra hijau juga jangan sampai kéluar dari sayur okra karéna kandungan léndir okra méngandung banyak khasiat dan manfaat bagi késéhatan tubuh dan bérmanfaat bagi ibu hamil.
Agar léndir okra hijau tidak kéluar, maka jangan mémasak sayur okra dalam suhu panas lébih dari 5 ménit. Démikianlah artikél kami buat téntang Cara Méngolah Okra Untuk Diét Ménurunkan Bérat Badan dan Koléstérol Sémoga Bérmanfaat