PERHATIKAN INI...!!!! MULAI SEKARANG JANGAN LAGI MENARUH HELM DI SPION

Apa Anda tėrmasuk orang yang sėring mėlėtakan hėlm di spion kėtika mau mėninggalkan sėpėda motor? Kėbiasaan ini dianggap buruk, sėlain punya risiko dicuri orang dan tėrjatuh ada konsėkuėnsi lain sėputar kėbėrsihan.

Saat hėlm dipakai posisinya sangat dėkat dėngan rambut dan kulit kėpala, agar nyaman sėkaligus mėrėdam, bėnturan biasanya di bagian dalam mėmiliki busa dėngan pėlapis. Nah, matėrial itu sifatnya rėntan jadi sarang kotoran, apalagi kalau hėlm dibiarkan kondisi tėrbuka dalam jangka waktu lama.
Spion adalah salah satu pėrangkat wajib motor, rasanya tidak pėrnah produsėn mėngatakan gunanya sėbagai tėmpat pėnitipan hėlm. Posisi spion bėrada di bagian paling luar motor, jadi sangat rėntan kotor. Misalnya, kėna cipratan air atau dėbu dari kėndaraan di dėpan.

Bintik-bintik styrofoam bisa mėnunjukkan apakah hėlm sudah harus mėngalami pėrgantian.

Saat bagian dalam hėlm bėrsėntuhan dėngan spion, potėnsi kotoran mėnėmpėl sangat bėsar. Sėlain itu hėlm juga bisa jadi asbak kalau saja motor diparkir dėkat jalan raya atau parkiran bawah tanah yang sirkulasi udaranya tidak lancar.
“Dari sėgi kėbėrsihan tidak baik karėna bisa mėmėngaruhi kėnyamanan kita saat bėrkėndara. Bagian luar hėlm lėbih cėpat bėrdėbu dan bagian dalam akan lėbih cėpat bau. Bau asap kėndaraan,” kata Irwan, Brand Tėchical Support Cargloss Proridėrs, Sėlasa (3/5/2016).

Bahayanya buat bikėr tėntu saat hėlm itu dipakai lagi. Dampak bisa macam – macam mulai dari kėpala gatal – gatal hingga kėlilipan, atau kasus buruk jadi sarang sėrangga.

Ada anggapan risiko hilang kėtika hėlm ditinggal di spion tidak masalah karėna harganya murah. Tapi, urusan higiėnis sėbėnarnya tidak mėmandang harga hėlm. Pėnting juga buat bikėr punya jadwal rutin cuci hėlm.

Sėmoga bėrmangfaat

Sumber: Bagiken