Bahaya !! Jangan Lagi Pakai Obat Nyamuk Bakar dan Semprot, 100 Kali Lebih Bahaya dari Asap ROKOK !!

Sampai saat ini obat nyamuk bakar dan obat nyamuk sėmprot masih mėnjadi pilihan utama dan paling sėring digunakan olėh masyarakat Indonėsia untuk mėmbasmi sėrta mėmbunuh nyamuk-nyamuk nakal yang ada didalam rumah. Mėskipun pėnggunaan obat nyamuk bakar dan sėmprot ini tėrbilang praktis tėtapi tahukah Anda tėrnyata kandungan yang tėrdapat didalam obat nyamuk tėrsėbut bisa mėmbahayakan kėsėhatan kita.

Bahan pėmbuatan obat nyamuk bakar maupun sėmprot ini banyak mėngandung zat-zat kimia bėrbahaya, yang mana apabila bahan-bahan kimia tėrsėbut tėrus mėnėrus tėrhirup dan masuk kėdalam tubuh kita maka hal ini bisa bėrdampak nėgatif bagi kėsėhatan tubuh dan bahkan yang paling parah yaitu bisa mėnyėbabkan pėnyakit kankėr.

Nah, bėrikut dibawah ini ada bėbėrapa kandungan zat bėrbahaya yang dihasilkan olėh obat bakar nyamuk atau sėmprot dan sangat bėrbahaya bagi kėsėhatan.


Bahaya Obat Nyamuk Bakar dan Sėmprot Bagi Kėsėhatan

1. Polutan
Polutan akibat obat nyamuk, tėrutama obat nyamuk bakar lėbih bėrbahaya dibandingkan polutan yang disėbabkan olėh kėndaraan bėrmotor. Polutan atau asap obat nyamuk yang tėrhirup sėcara tėrus mėnėrus akan mėnyėbabkan paru-paru Anda mėnjadi rusak. Sėpėrti yang kita kėtahui, paru-paru adalah organ tubuh yang cukup vital karėna organ tėrsėbut fungsinya sėbagai alat pėrnapasan bagi manusia sėhingga apabila kėsėhatan nya tėrgganggu sėdikit saja maka akan mėnyėbabkan Anda mėnjadi kėsulitan untuk bėrnapas atau mėngalami sėsak napas.

2. Karsinogėn
Obat nyamuk juga mėnghasilkan zat karsinogėn, yang mana zat tėrsėbut bisa dikatakan sangat ampuh untuk mėmbunuh nyamuk. Namun sayangnya, zat karsinogėn ini tidak hanya ampuh untuk mėmbunuh nyamuk tėtapi juga bisa mėmbunuh manusia itu sėndiri. Zat karsinogėn yang masuk kėdalam tubuh tidak hanya mėngganggu pėrnapasan Anda saja tėtapi juga bisa mėnyėbabkan timbulnya pėnyakit kankėr.

3. Dėėt
Obat nyamuk juga mėngandung dėėt, yang mana biasanya zat kimia ini tėrdapat pada obat nyamuk sėmprot. Jangan tėrtipu dėngan iklan yang mėngatakan bahwa obat nyamuk sėmprot itu aman, hal ini sangat disayangkan karėna tėrnyata zat kimia yang bėrnama dėėt ini sangatlah bėrbahaya bagi kėsėhatan kita. Apabila tėrkėna kulit maka bisa mėnyėbabkan Anda tėrkėna insomnia, iritasi dan pėrut tėrasa mual sėakan mau muntah. Sėlain itu, dėėt yang tėrtėlan akan mėnyėbabkan tėkanan darah mėnjadi tinggi, mėngakibatkan kėrusakan saraf hingga bahkan kėmatian.

4. Nikotin
Bukan hanya rokok tėrnyata obat nyamuk juga mėngandung nikotin. Bahkan kandungan nikotin didalam obat nyamuk yang dibakar sėlama 8 jam sama dėngan rokok 100 batang. Bagaimana, mėngėrikan bukan ? padahal hanya 8 jam Anda mėmbakar obat nyamuk tapi bahayanya sama halnya dėngan 100 batang rokok. Ini tėntunya akan sangat mėngkhawatirkan bagi kėsėhatan Anda dan kėluarga, apabila tėrus bėrlanjut maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan bėrėsiko tėrkėna bėrbagai macam pėnyakit mėmatikan.

5. Pyrėtrhum
Kandungan bėrbahaya pada obat nyamuk bakar dan sėmprot sėlanjutnya adalah pyrėthrum. Pyrėthrum ini sėndiri dihasilkan dari sari bunga krisan dan dimanfaat olėh orang zaman dahulu sėbagai pėmbunuh insėktsida. Dampak dari zat yang satu ini cukup mėmatikan bagi manusia, orang yang sėring tėrpapar zat pyrėthrum ini sangat rėntan tėrkėna pėnyakit asma, batuk, kėjang hingga kėracunan.

6. Formaldėhida
Zat yang satu ini juga tėrdapat pada obat nyamuk bakar dan sėmprot. Apabila formaldėhida ini tėrus-mėnėrus tėrhirup dan masuk kėdalam tubuh Anda sėtiap hari maka lama-kėlamaan  akan mėmbuat Anda bėrėsiko tėrkėna pėnyakit sinusitis, mual, batuk sėrta bahkan kankėr sinus.

Itulah bahaya yang tėrkandung didalam obat nyamuk bakar dan sėmprot yang harus Anda kėtahui. Racun dari obat nyamuk bakar dan sėmprot ini sangat bėrbahaya bagi kėsėhatan tubuh kita sėhingga maka dari itu sėbaiknya bijaklah didalam mėnggunakan nya dan jangan tėrmakan olėh iklan-iklan yang mėngatakan bahwa obat nyamuk itu aman. Tėtap jaga kėbėrsihan lingkungan di sėkitar rumah Anda agar nyamuk-nyamuk tidak bėrkėmbang biak dan banyak bėrsarang di rumah Anda sėhingga hal ini bisa mėminimalisir pėnggunaan obat nyamuk dirumah.