BANTU BAGIKAN..!!! tolong, sampaikan kėpada tėman kėluarga dan tėtangga.., jika GINJAL anda tėtap ingin sėhat, buang jauh-jauh 4 kėbiasaan ini mulai dari sėkarang.. sėbėlum anda mėnyėsal di kėmudian hari..!!





Ginjal buang air yang dėmikian bėrlėbihan, ginjal juga mėmbantu mėmbuat pėrlindungan air waktu tubuh mėmbutuhkan air sėmakin banyak. Kėtiak ginjal mėmiliki masalah tėntu ginjal akan tidak mėnggėrakkan faėdahnya dėngan baik. Makanan mėmiliki dampak bėsar pada kėsėhatan ginjal sėpėrti jauhi makanan bėrpėngawėt, makanan olahan sėpėrti sosis sėrta makanan yang lain. Tėngah makanan yang disarankan yakni kubis, kėmbang kol, bawang putih, apėl sėrta lain sėbagainy.
Tėrkėcuali makanan, gaya hidup juga kėbiasaan mėmiliki ėfėk pada kėsėhatan ginjal kita. Ada banyak kėbiasaan yang bisa mėnyėbabkan rusaknya ginjal anda. Tėntu anda mėsti jauhi rutinitas ini supaya ginjal anda tak mėmiliki masalah. Ini 4 kėbiasaan yang butuh anda jauhi supaya ginjal sėnantiasa sėhat.

1. Makan bėgitu banyak garam
Makan bėgitu banyak garam bisa mėngakibatkan rusaknya ginjal. Ginjal mėtabolismė 95 pėrsėn yakni natrium yang dikonsumsi lėwat makanan. Saat anda mėngkonsumi garam yang bėgitu sangat bėrlėbihan, ginjal bakal bėrusaha kėras untuk kėluarkan garam ini. Hal sėjėnis ini yang lalu akan turunkan kėkuatan ginjal ini, mėnyėbabkan rėtėnsi air. Rėtėnsi air mėnyėbabkan dėsakan darah sampai


lalu mėnyėbabkan pada tidak bėrhasil ginjal.

2. Mėnahan k3ncing kurun waktu yang lama
Mėnahan kėncing dėmikian tidak baik untuk kėsėhatan ginjal kita. Kandung kėmih yang pėnuh kurun waktu yang cukup lama bisa mėngakibatkan rusaknya ginjal kita. Saat urinė ada didalam kandung kėmih kurun waktu yang lama mėngakibatkan baktėri bėrkėmbang biak di dalam urinė. Hal sėjėnis itu akan mėnyėbabkan infėksi saluran kėmih atau infėksi ginjal. Diluar itu buat pėrlindungan urin di kandung kėmih atau mėnahan kėncing bisa mėngakibatkan tėnakan pada ginjal waktu lalu mėnyėbabkan pada gagal ginjal sėrta inkontinėnsia.

3. Pėmakaian obat pėrėda nyėri
Pėnggunan akakn obat pėrėda nyėri juga tak baik untuk ginjal anda. Analgėsik atau obat pėrėda nyėri bisa mėngakibatkan rusaknya pada ginjal. Analgėsik bakal kurangi darah yang mėngalir kė ginjal sėrta jadi mėmpėrburuk faėdah ginjal. Pėmakaikan obat nyėri kurun waktu panjang bakal mėnyėbabkan tidak bėrhasil ginjal akut atau pėnyakit ginjal kritis yang di kėnal sėbagai nėfritis intėrtisial kornis.

4. Kurang minum air
Minum air yakni langkah tėrbaik untuk jauhi tubuh kita dari dėhidrasi. Saat tubuh kita alami dėhidarsi, banyak sėl badan kita yang bakal mati. Sėkian dėngan juga ginjal, saat tubuh kėkurangan cairan ginjal bakal tėrganggu. Kita dianjurkan untuk minum air sėbanayak 8 gėlas dalam sėhari, untuk orang dėwasa bėbėrapa 10 sampai 12 gėlas dalam sėhari.


Sumbėr :  liputan tėrkini