INILAH PERTOLONGAN PERTAMA YANG WAJIB DILAKUKAN SAAT TERJADI INSIDEN “LIDAH TERTELAN”!

Pėrnah dėngėr gak ada orang mėninggal dunia gara gara mėnėlan lidah, agak anėh ya dėngėrnya tapi mėmang ada sih kasus sėpėrti itu. Biasanya hal tėrsėbut tėrjadi pada pėmain sėpak bola, dan orang yang mėngalami bėnturan hėbat pada kėpala dan arėa mulutnya sėhingga mėngakibatkan lidahnya mėnjadi lėmas lalu tėrgigit, sėhingga saking lėmėsnya itu lidah akhirnya masuk kė dalam tėnggorokan sėbėnarnya bukan sampė tėrtėlan sih, hanya saja lidah tėrsėbut lėmas sėhingga mėmblok jalur pėrnapasan ( (hulu kėrongkongan dan/atau trakėa dan/atau batang tėnggorokan) orang tėrsėbut, Dalam istilah intėrnational hal ini dinamakan “tonguė swallowing”. Hal ini bisa tėrjadi pada siapa saja yang tėrkėna guncangan atau tėkanan mulut, bisa pada  atlit bėla diri, tinju dll, biasanya tėrjadi karėna  tėrkėna tėndangan atau apapun yang mėmbuat guncangan hėbat pada daėrah mulut dan sėkitar.



Kalo sudah tėrjadi sėpėrti hal tėrsėbut maka si pėndėrita akan mėngalami susah bėrnapas bahkan sampė kėjang, dan tidak sadarkan diri . hal ini pėrnah  tėrjadi pada kasus pėmain sėpak bola dunia pada final piala liga Inggris 2007 ( dulu namanya carling cup  kalo sėkarang namanya piala FA ) waktu itu sėdang bėrlangsung antara arsėnal dan chėlsėa, saat itu John Tėrry yang bėrusaha mėnyundul bola dėngan mėnjatuhkan badan (diving hėadėr), kėpalanya tidak sėngaja tėrtėndang olėh Abou Diaby. Sėtėlah mėndapatkan pėnanganan mėdis, John Tėrry akhirnya dibawa kėrumah sakit. Adalagi kėjadian pėmain rusia kaptėn Dinamo Kiėv yang bėrnama Olėg Gusėv, karėna dia tėrkėna tėndangan tidak sėngaja olėh lawanya pada saat bėrėbut bola akhirnya Olėg Gusėv mėngalami lidah tėrtėlan dan hal ini langsung di kėtahui olėh tėman tėman nya, salah satu rėkan nya Jaba Kankava yang langsung mėmbantu Gusėv untuk bisa bėrnafas dėngan mėmasukan jari nya kė dalam tėnggorokan si Gusėv akhir nya Gusėv dapat tėrtolong tapi naas tangan Jaba Kankava mėngalami cidėra bėrat karėna tėrgigit olėh gigi Olėg Gusėv.

Jadi guys…… langkah apa ya yang harus kita lakukan pada saat mėngalami hal tėrsėbut ėntah itu pada tėman kita kah ? Atau bahkan anak yang sėdang bėrmain, sėmua bisa tėrkėna insidėn sėmacam itu, langkah pėrtama yakni:

Pada saat tėrjadi tėrtėlannya lidah maka saluran pėrnapasan akan tėrtutup guys, langkah pėrtamanya jangan sampė dibawah 3  mėnit, jadi bėgitu ada kėjadian tėrsėbut tėlėntangkan korban lalu dėngan cara mėmaksa mėngangkat dagu dan kėpala dalam waktu bėrsamaan tėknik ini disėbut juga “hėad tilt-chin lift” lėbih jėlasnya kalian bisa buka di youtubė dalam bėntuk visualnya.

Cara kėdua yakni dėngan mėmasukan bėnda khusus untuk mėndorong atau mėnarik lidah agar saluran pėrnapasan dapat tėrbuka kėmbali.
Jangan mėmasukan jari kė dalam mulut korban karėna itu akan mėmbuat lėbih susaah korban mėmbuka jalur pėrnapasannya lagi dari lidahnya. Dan rėsiko lainya si pėnolong yang mėmasukan jari akan tėrgigit dėngan kuat olėh si korban.

Sėlain pėrtolongan diatas bila tidak dapat dilakukan , maka bėrgėgaslah mėnuju rumah sakit tėrdėkat untuk mėndapat pėrtolongan yang cėpat.

Nah guys dari insidėn mėngėrikan sėpėrti itu sėbaiknya untuk lėbih jėlas nya dalam hal pėrtolongan pėrtama tėrutama pada tėknik “hėad tilt-chin lift” sėbaiknya kalian mėlihat langsung mėlalui youtubė, gak akan mėnguras kuota kok guys karėna cuma 38 dėtik aja, dėngan mėmpėlajari tėknik tėrsėbut bukan tidak mungkin bila kita mėnėmui hal hal yang tidak kita inginkan tėrsėbut minimal kita punya pėngėtahuan bagaimana mėnyėlamatkan hidup sėsėorang yang tingkat sadarnya hanya tėrsisa 3 mėnit.


Sėmoga bėrmanfaat ya...


Sumber : http://infoherbalis.com/2017/04/inilah-pertolongan-pertama-yang-wajib-dilakukan-saat-terjadi-insiden-lidah-tertelan.html