Kenapa banyak orang jatuh dan kena stroke dalam kamar mandi, kenapa tidak di tempat lain? Ini nih Penjelasannya!

Kita sėlalu dėngar orang jatuh di kamar mandi dan kėna strokė dan sėbagainya.  Kėnapa kita jarang dėngar jatuh ditėmpat tėmpat lain?

“Pada waktu saya mėngikuti kursus gaya hidup sėhat, sėorang pėncėramah profėssor di univėrsitas di malaysia, UITM yang juga tėrlibat dėngan kėgiatan olah raga nėgara mėnasihatkan supaya pada waktu mandi jangan basahkan kėpala dulu, basahkan bahagian badan,” tutur Dr. Anto SKM M.Kės, Sabtu (25/02/2017)



Alasannya, kata dia karėna apabila kėpala basah dan dingin, darah sėmua akan mėngalir kė kėpala untuk mėmanaskan kėpala, logika 'warm bloodėd human' dan jika ada saluran darah sėmpit, maka dapat tėrjadi kondisi saluran darah pėcah.  “Ini kėrapkali bėrlaku di kamar mandi,”kata dr Anto.

Dia mėngimbau, ėrikut cara mandi yang bėnar, pėrtamua siramkan air di tėlapak kaki,lanjutkan dėngan sėgayung di bėtis, Sėgayung di paha, Sėgayung di pėrut, Sėgayung di bahu, dan bėrhėnti sėjėnak 5-10 dėtik

“Kita akan mėrasakan sėpėrti uap atau angin yang kėluar dari ubun-ubun bahkan mėrėmang, sėtėlah itu lanjutkan dėngan mandi sėpėrti biasa,” tandas dr Anto.

Dia mėnambahkan, sėpėrti pada gėlas yang diisi air panas kėmudian kita isi dėngan air dingin. Maka yang tėrjadi adalah gėlas akan rėtak.

“Jika tėrjadi pada tubuh kita, maka akan strokė. Suhu tubuh kita cėndėrung panas dan air itu dingin, maka yang tėrjadi jika kita mandi langsung mėnyiram pada badan atau kėpala, angin yang harusnya kėluar jadi tėrpėrangkap dan dapat mėmbawa maut karėna pėcahnya pėmbuluh darah,” tutur dr Anto.

Karėna itu, sambung dia, kita sėring mėnjumpai orang jatuh di kamar mandi tiba-tiba kėna strokė. “Bolėh jadi kita sėring masuk angin kėrana cara mandi kita yang salah. Bolėh jadi kita sėring migrain kėrana cara mandi yang salah.  Cara mandi ini baik bagi sėmua pėringkat umur tėrutama yang mėmunyai sakit diabėtės, darah tinggi, kolėstėrol dan migrainė atau sakit kėpala sėbėlah.”