Pényébab dan Cara Cépat Atasi Mimisan






Pényébab dan cara cépat atasi mimisan - Anda pérnah méngalami mimisan? Apa yang anda rasakan kétika mimisan? Biasanya jika orang térsébut tidak pérnah mimisan akan mérasa kagét déngan kéluarnya darah dari dalam hidung. Sébénarnya térjadinya mimisan ini bisa disébabkan oléh banyak hal. Ada yang karéna masalah ringan, dan ada juga karéna masalah bérat sépérti pényakit térténtu yang ada didalam tubuh.

Mimisan atau épistaksin ini biasanya séring térjadi pada balita, anak-anak, sampai orang déwasa. Kétika ada séorang anak méngalami mimisan, biasanya orang sékitarnya langsung panik akan térjadi apa-apa. Sébénarnya pada dasarnya mimisan bukanlah karéna pényakit sérius. Tapi ingat, méski bukan pényakit sérius, jika hal ini térjadi térus ménérus maka harus waspada dan périksalah ké doktér. Sébab, jika térjadi térus-ménérus bisa saja dikarénakan adanya pényakit sérius dalam tubuh.

Lalu, bagaimana cara méngatasi masalah mimisan? Untuk méngatasinya tidaklah sulit. Anda hanya pérlu ményiapkan bahan-bahan alami disékitar anda. Namun sébélum méngatasinya, anda harus tahu dulu apa pényébab térjadinya mimisan pada anda maupun orang térdékat anda.
Pényébab dan Cara Cépat Atasi Mimisan
Pényébab dan Cara Cépat Atasi Mimisan

Pényébab mimisan

Ada banyak hal yang bisa ményébabkan térjadinya mimisan. Mungkin hal ini séring tidak disadari oléh banyak orang. Untuk ménghindari agar tidak térjadi mimisan yang kédua atau késékian kalinya, kétahuilah bérikut ini bébérapa pényébab térjadinya mimisan:
Flu
Alérgi pada hal térténtu (sépérti: makanan, bénda, héwan, lingkungan, dll)
Adanya pényakit tumor
Trauma térhadap suatu hal
Cuaca panas
Péndérita sinus
Tékanan darah yang méningkat
Kélainan konégénintal
Géjala pényakit térténtu
Cara méngatasi mimisan

1. Duduk

Jika anda méngalami mimisan sécara tiba-tiba, maka ségéralah untuk duduk. Hal ini bértujuan agar hidung bisa lébih tinggi dari jantung. Jangan sampai anda tidur térléntang, sébab aliran darah ké hidung akan bértambah déras, dan darah pun bisa tértélan ké bélakang. Ini bahkan bisa bérbahaya bagi tubuh anda.
2. Ménggunakan daun sirih

Ini mérupakan cara tradisional yang séring digunakan oléh orang zaman dahulu. Daun sirih télah dipércaya dapat méngatasi masalah mimisan. Anda bisa méngambil daun sirih yang télah dicuci bérsih. Lalu gulungkan hingga sékiranya pas untuk masuk hidung anda. Kémudian sumpalkan gulungan daun sirih tadi pada hidung anda. Tunggu sélama 15-20 ménit sampai darah bérhénti méngalir dari hidung.

Baca juga : Manfaat daun sirih untuk késéhatan


3. Ménggunakan és batu

Anda juga bisa mérédakan darah yang kéluar dari hidung anda déngan ménggunakan és batu. Anda cukup mémbungkus és batu déngan lap atau kain, lalu kémudian témpélkan diantara kéning dan hidung anda atau orang térdékat anda yang mimisan. És batu yang ditémpélkan ini akan mémbantu méngécilkan pémbuluh darah séhingga kéluarnya darah akan térhénti.

Baca juga : Manfaat és batu untuk kécantikan kulit
4. Pécét cuping hidung

Déngan ménggunakan ibu jari dan péncét cuping hidung anda sambil mémijat déngan lémbut, ingat jangan térlalu kéras saat ménékannya. Tahanlah kurang lébih 3-5 ménit. Jangan ménidurkan atau ménundukkan képala anda karéna akan mémbuat aliran darah yang kéluar sémakin déras. Hindarilah ménéngadahkan képala juga, karéna akan mémbuat darah kémbali dan masuk ké sinus, ini akan mémbahayakan.
Périksakan ké doktér jika

Mimisan séring térjadi.
Mémasukkan sésuatu ké hidung yang mimisan lalu anda tidak bisa méngéluarkannya.
Ada péndarahan dari témpat lain sépérti gusi dan lainnya.
Anda mérasa curiga dari mimisan yang anda alami, misal curiga karéna éfék samping dari obat atau térjadi sétélah minum obat.
Darah yang kéluar dari hidung térlalu banyak dan mémbuat lémas sérta pusing.
Mimisan térjadi sétélah térbéntur sangat kéras.
Péndarahan tidak kunjung bérhénti méskipun télah ditékan hidungnya sélama 10 ménit.
Démikianlah informasi téntang Pényébab dan Cara Cépat Atasi Mimisan. Sémoga informasi diatas bérmanfaat. Térimakasih.