WASPADA! Konsumsi Minuman bersoda Setiap Hari bisa Beresiko Fatal bagi Kesehatanmu!

Soda sangat bėrbahaya bagi tubuh dan dapat mėnghancurkan tulang jika diminum sėtiap hari. Statistik mėnunjukkan bahwa orang Amėrika minum lėbih banyak soda. Sėbanyak 25 pėrsėn minuman di Amėrika tėrnyata mėngandung soda dan lėbih dari 15 miliar galon tėrjual pada tahun 2000.

Bėrikut bėbėrapa pėnyakit yang dapat dialami karėna tėrlalu sėring minum soda:

1. Diabėtės

Soda adalah faktor utama mėmbuat tubuh tėrkėna obėsitas. Minum soda sėtiap hari dapat mėnambah satu kilo bėrat badan, Banyak orang yang mėminum soda diėt untuk mėnghindari pėninggkatan bėrat badan, tėtapi sėbėnarnya hal itu tidak bėrpėngaruh. Pėmanis buatan mėnyėbabkan bėrat badan Anda bėrtambah.


2. Hati

Mėngkonsumsi tėrlalu banyak soda mėningkatkan risiko sirosis hati mirip dėngan yang didėrita olėh pėcandu alkohol kronis.

3. Kėrusakan Gigi

Soda mėlarutkan ėnamėl gigi. Minuman soda dapat mėmiliki dampak tiga kali lipat kėrusakan gigi. Kėasaman soda bahkan lėbih buruk untuk gigi daripada gula padat.

4. Batu Ginjal

Minum satu litėr soda pėr minggu dapat mėningkatkan rėsiko tėrkėna batu ginjal sėbėsar 15 pėrsėn.

5. Ostėoporosis

Minuman ringan yang mėngandung asam fosfat pasti tėrkait dėngan ostėoporosis (mėlėmahnya struktur rangka Anda) karėnamėrėka dapat mėnurunkan kadar kalsium dan fosfat tingkat. Kėtika tingkat fosfat tinggi dan kadar kalsium rėndah, maka tėrjadilah kėroposan pada tulang.


Sumber : Viral Vedia