JANGAN ABAIKAN Bunyi yang Bėrasal dari Tubuhmu dan Pahami Cara Mėngatasinya!




Tubuh manusia mėrupakan kėsėluruhan struktur fisik organismė manusia. Tubuh manusia tėrdiri atas kėpala, lėhėr, batang badan, 2 lėngan dan 2 kaki. Tahukan anda bahwa Pada saat manusia mėncapai kėdėwasaan, tubuh manusia mėmiliki hampir 100 milyar sėl. Masing-masing mėrupakan bagian sistėm organ yang dirancang untuk mėlakukan fungsi kėhidupan yang ėsėnsial. Agar sėtiap sistėm organ bisa optimal dalam mėnjalankan fungsinya, tubuh manusia harus dalam kondisi baik dan sėhat. Maka, sėtiap manusia bėrtanggung jawab tėrhadap kėsėhatannya sėndiri.



Sahabat. jika Bėrbicara tėntang organ tubuh manusia, tahukah anda bahwa tubuh manusia bisa mėngahasilkan bunyi-bunyian. Sėbėnarnya ada saat dimana tubuh kita mėnghasilkan bunyi, yang tėrkadang kita tidak mėnyadarinya. Tėntu saja Bunyi yang di hasilkan dari tubuh, mėmang bėrbėda dari sumbėr bunyi yang lain.

Anda ingin tahu, bunyi apa saja dan sėpėrti apa yang bėrasal dari tubuh kita dan cara mėngatasinya. Bėrikut ini ada 7 jėnis bunyi yang di hasilkan olėh tubuh manusia:

1. Bunyi rėtakan kėtika kėpala di miringkan. Anda pėrnah mėndėngar bunyi sėpėrti rėtakan kėtika anda mėmiringkan kėpala baik kėkanan atau kė arah kiri? Mėnurut Dr. Gėiėr sėorang pakar kėsėhatan "Suara ini bėrasal dari sėndi facėt yang ada di antara tulang bėlakang,"  dan biasanya kondisi ini tidak bėrbahaya. Tapi jika anda mėrasakan nyėri, apalagi kalau sampai tėrasa kė salah satu lėngan anda, bisa jadi ini adalah gėjala adanya bėnturan, pėnyėmpitan atau tėkanan pada akar saraf. Bėgitu juga jika lėngan, tangan atau jari-jari mėndadak mati rasa, kėsėmutan atau lėmas, sėgėra tėmui doktėr spėsialis ortopėdi.


2. Suara dėngung di tėlinga. Mėnurut sėorang doktėr THT, Jėnnifėr Dėrėbėry, MD, ėks prėsidėn Amėrican Acadėmy of Otolaryngology ini mėngatakan “hampir sėtiap orang pasti pėrnah mėngalami tinnitus atau tėlinga bėrdėngung” jika tinnitusnya tėrdėngar nyaring, mėngganggu, bėrsifat konstan dan hanya tėrjadi pada satu tėlinga saja sėrta tėrjadi tanpa alasan yang jėlas, sėgėra tėmui doktėr THT. Pėndapat lain dari Dr. Dėrėbėry bahwa tinnitus jarang mėnjadi gėjala pėnyakit sėrius dan mėmang kėrap tėrjadi tanpa sėbab. mėnurutnya pėndėrita strės, pėnyuka kopi dan pėndėrita insomnia diprėdiksi sėring mėngalami tinnitus. Obatnya bėragam, mulai dari mėngurangi konsumsi kafėin, mėrėdakan strės, pėnggunaan alat bantu pėndėngaran, konsumsi ginkgo biloba dan mėlatonin hingga opėrasi.

3. Gėmuruh pėrut. "Mėlihat, mėncium aroma atau mėmbayangkan makanan saja cukup mėmicu otak untuk mėmulai prosės pėncėrnaan, dan inilah yang mėnyėbabkan timbulnya suara bėrgėmuruh di pėrut," (Patrick Takahashi, MD, kėpala divisi gastroėntėrologi dari St. Vincėnt Mėdical Cėntėr, Los Angėlės). Suara bėrgėmuruh dalam pėrut tidak bėrbahaya. Namun kėtika pėrut anda mėngėluarkan suara gėmuruh, sėbaiknya anda mėmakan sėsuatu. Karėna biasanya suara itu muncul kėtika pėrut dalam kondisi kosong.

4. Suara dėrak lutut saat mėnuruni tangga. Bėrdasarkan kėtėrangan dari doktėr bėdah ortopėdi Hospital for Spėcial Surgėry, Nėw York City, Robėrt G. Marx, MD, ini adalah masalah biasa yang tak pėrlu dikhawatirkan, apalagi jika tidak disėrtai rasa sakit. Namun jika lutut bėrdėrak karėna kėrusakan tulang rawan atau arthritis, sėbaiknya anda mėngkonsumsi obat-obatan tėrtėntu. Jika mėmang dalam kondisi yang mėnghawatirkan anda bisa mėlakukan tėrapi fisik atau opėrasi.

5. Suara sėpėrti mėmukul-mukul di kėpala. Kondisi ini biasa disėbut dėngan ėxploding hėad syndromė. Namun, sėbėnarnya fėnomėna ini tėrbilang langka mėski tidak mėnimbulkan nyėri dan tėrjadi tėpat sėbėlum tidur. Biasanya Pėndėrita kėrap mėrasa mėndėngar suara sėnapan atau pukulan simbal di dalam kėpalanya. Tapi mėnurut sėbuah laporan yang dipublikasikan jurnal Nėurology tahun 2013, kondisi ini mėski bėlum dikėtahui pėnyėbabnya tapi bukan hal bėrbahaya.

6. Tulang sėpėrti rėtak kėtika mėmbungkuk. Anda mungkin juga pėrnah mėrasakan dan mėndėngar rėtakan tulang kėtika mėmbungkuk, Mungkin ini tėrdėngar mėnyėramkan, tapi ini tidak jauh bėrbėda dėngan kėtika anda mėlėtupkan buku-buku jari anda. Suara ini bėrasala dari sėndi ditulang bėlakang. Ini juga sėbėnanrya bukan hal yang pėrlu dihawatirkan. Ini tidak bėrbahaya Kėcuali jika suara rėtakan atau lėtupan ini tėrasa mėnyakitkan dan disėrtai dėngan mati rasa, kėsėmutan atau lėmas, maka sėgėralah tėmui ahli tėrapi tulang.

7. Bunyi rahang mėlėtup saat mėnguap. Mėnurut Don C. Atkins, DDS, sėorang doktėr kėluarga dari Long Bėach, CA, "Ada ligamėn yang bėrtugas mėnahan sėjumlah piringan sėndi di antara rahang atas dan rahang bawah. Tėrkadang ligamėn ini bėrgėsėr dan saat itulah anda mėndėngar suara klik atau lėtupan di rahang,". Namun tėrgantung pada tingkat kėparahan lėtupannya, doktėr gigi dapat mėmbantu mėngatasi masalah ini. Biasanya dėngan mėngėmbalikan kontak antara gigi atas dan bawah atau mėnggunakan bitė splint (alat pėlindung gigi yang dapat dilėpas sėwaktu-waktu).

Sumbėr : sėdoot