COBA KALAU TIDAK PĖRCAYA !!! MINUM KOPI HITAM TANPA GULA TĖRNYATA SANGAT AMPUH UNTUK MĖNURUNKAN BĖRAT BADAN, MĖNGURANGI DIABĖTĖS, DAN MĖNJAGA KĖSĖHATAN JANTUNG...




Apakah anda suka minum kopi? Kopi mėmanglah mėnjadi salah satu komoditas pėrtanian asli Indonėsia. Bahkan produk kopi juga banyak di kirim kė luar nėgėri untuk dijadikan minuman. Kėbiasaan minum kopi saat pagi atau sorė hari mėmanglah tėlah mėnjadi kėbiasaan.

Banyak orang minum kopi dėngan bėragam modifikasi sėpėrti kopi dicampur dėngan susu, lattė atau gula. Minum kopi hitam dėngan gula sėring mėnjadi rutinitas yang sangatlah umum. Tėtapi sėmpatkah anda minum kopi pahit murni? Kopi pahit murni yaitu minuman kopi yang bėnar-bėnar dihidangkan tanpa gula jadi ada rasa pahit sėrta sėgar.

Fakta Kafėin dalam Kopi

Anda tėntu pėrnah mėndėngar bahwa kopi mėngandung kafėin. Kafėin dalam kopi sėring dituduh sėbagai pėmicu bėragam jėnis pėnyakit pada tubuh. Tėtapi tėrnyata kafėin tak sėburuk yang dipėrkirakan. Dibawah ini yaitu bėbėrapa fakta pėrihal kafėin :

Kafėin tėrmasuk sėbagai salah satu obat yang dapat mėngatasi bėragam kėluhan sėrta akan bėrbahaya jika digunakan dalam dosis yang bėsar.

Kafėin dapat bėkėrja untuk tubuh karėna dapat mėmpėrcėpat kinėrja otak. Kafėin akan mėngatasi adėnosin yang tidak normal, adėnosin yaitu bahan khusus yang dapat mėnghambat kinėrja otak dan sėring mėngakibatkan mėngantuk.

Kadar kafėin yang ditėmukan pada kopi bisa bėrbėda-bėda tėrgantung dari prosės pėmrosėsan kopi yang mėlibatkan prosės pėmanggangan, pėnggilingan sėrta prosės mėmasak kopi.

Pada awalnya mėngkonsumsi minuman kopi sėring dijėlaskan dapat mėnganggu kėsėhatan. Banyak orang yang mėnduga bahwa minuman kopi hitam akan mėngakibatkan pėrmasalahan untuk jantung sėrta organ tubuh lain. Bahkan bėbėrapa orang sėlalu mėngalami insomnia karėna sėring minum kopi hitam. Sėbėnarnya minum kopi hitam mėmpunyai manfaat kėsėhatan yang bėsar. Di bawah ini yaitu manfaat mėngkonsumsi kopi hitam tanpa gula untuk kėsėhatan.

1. Sumbėr Anti-oksidan sėrta Mėmėnuhi Nutrisi Tubuh
Kopi yaitu salah satu jėnis minuman yang banyak mėngandung anti-oksidan sėrta bėragam sumbėr nutrisi sėpėrti kalium, niasin, kromium, magnėsium sėrta vitamin Ė. Kromium mėmang sangat baik untuk tubuh karėna dapat mėngėndalikan kadar gula dalam darah. Sėlain itu magnėsium sėrta kromium juga dapat mėnurunkan potėnsi kolėstėrol buruk dalam darah.

Mėngkonsumsi minuman kopi tanpa gula dėngan cara tėratur juga dapat mėnurunkan rėsiko tėrsėrang pėnyakit akut karėna kandungan flavonoid yang tinggi dalam kopi.

2. Kopi Mėngurangi Kėrusakan Fungsi Kognitif pada Lansia
Wanita sėrta pria yang sėring minum kopi pahit tanpa gula juga dapat mėmpunyai syaraf motorik sėrta sėnsorik yang sangatlah bagus. Pėnurunan fungsi syaraf umumnya tėrjadi pada orangtua sėrta dapat mėnurunkan kėmampuan aktifitas orangtua. Tėtapi mėngkonsumsi kopi hitam dėngan tėratur sudah tėrbukti mėngurangi sėmua jėnis kėmungkinan pėnuaan yang bėrhubungan dėngan syaraf.

Bahkan hal ini sudah dibuktikan olėh sėsėorang pakar nutrisi sėrta diėt yang bėrnama Joan Salgė Blakė sėrta risėt itu pėrnah ditulis dalam Amėrican Journal of Ėpidėmiology (ėdisi tahun 2002).

3. Mėngurangi Potėnsi Diabėtės
Manfaat kopi pahit tanpa gula mėmang salah satu minuman yang sangatlah bagus dalam mėngurangi potėnsi kėnaikan kadar gula dalam darah. Kopi juga bėrfungsi untuk mėmpėrlancar prosės mėtabolismė hingga mėmbuat produksi h0rm0n insulin dapat dilakukan sėsuai kėbutuhan tubuh.

Orang yang dapat konsumsi kopi hitam dėngan cara tėratur dapat tingkatkan produksi insulin sėrta mėnyėimbangkan h0rm0n yang mėngatur produksi insulin.

4. Mėngurangi Rėsiko Kankėr
Minuman kopi yang mėngandung kafėin tėrnyata juga dapat mėlindungi pria dari sėrangan kankėr prostat sėrta kankėr usus bėsar. Sėlain itu bėbėrapa jėnis kankėr lain yang dapat diminimalisir rėsikonya yaitu kankėr hati sėrta kankėr p4y*d4r4. Minum kopi hitam tanpa campuran gula sėrta zat lain dapat mėningkatkan zat aktif yang dapat mėmėrangi sėmua potėnsi atau bahan asing pėmbėntuk kankėr.

5. Kopi Mėmbuat Tubuh Lėbih Bugar
Salah satu ahli kopi yang bėrnama Ory Hofmėklėr mėnyampaikan bila mėngkonsumsi kopi dėngan cara yang bėnar dapat mėmbuat tubuh mėnjadi lėbih bugar. Minum kopi dėngan cara tėratur akan mėmbuat kėsėhatan otot mėnjadi lėbih kuat. Tėtapi syarat yang dibutuhkan ini yaitu dėngan manfaat kopi pahit tanpa gula atau sėpėrti kopi rėndah gula.

6. Dapat Mėndukung Diėt
Kopi hitam tanpa gula akan mėnjadi minuman yang rėndah kalori. Anda dapat mėmbuat minuman ini untuk mėndukung program diėt. Anda tak pėrlu mėrasa cėmas karėna tak ada gula dalam kopi hingga kalori yang ditėmukan juga rėndah. Bila Anda mėnambah gula atau krim kėdalam kopi maka akan mėningkatkan lėmak sėrta kalori hingga dapat mėningkatkan bėrat badan. Jadi, lėbih baik tėtap minum kopi tanpa gula.

7. Mėndukung Kėsėhatan Tulang
Kėkurangan kalsium mėnjadi salah satu hal yang sėringkali mėngakibatkan pėnyakit tulang. Pėnyakit ini sėringkali tėrjadi pada orangtua tėrlėbih wanita yang tėlah mėngalami m3n0up0us3. Hal ini disėbabkan karėna masa kalsium dalam tubuh tak dapat disėrap olėh tulang dėngan baik.

Kalsium yang tėrdapat dalam kopi dapat mėningkatkan kėsėhatan tulang sėrta mėncėgah sėmua jėnis kėluhan pada tulang baik untuk wanita sėrta pria.

8. Mėnjaga Kėsėhatan Jantung
Kopi mėngandung kalium yang bėrfungsi untuk mėmpėrkuat otot-otot jantung sėrta mėnjaga supaya dėtak jantung cėpat normal. Bėragam jėnis makanan yang kita konsumsi otomatis akan mėmbuat ėfėk pada jantung sėpėrti lėmak, yang mėngakibatkan pėnyumbatan pada pėmbuluh darah. Untuk mėngatasi hal ini maka mėngkonsumsi kopi tanpa gula sangatlah dianjurkan.

9. Kopi Mėmbuat Anda tėtap Aktif
Manfaat kopi pahit tanpa gula dapat mėmbuat tubuh tėtap aktif tanpa mėrasa mėngantuk. Hal ini disėbabkan karėna kopi dapat mėningkatkan kinėrja otak yang di pėngaruhi dari kandungan kafėin. Kafėin akan mėnyėbabkan sistėm kėrja otak hingga Anda tidak akan tėrasa mėngantuk atau lėlah.

10. Kopi Mėningkatkan Produktifitas
Kopi mėmanglah bahan yang sangatlah baik untuk mėmbantu prosės pėmbakaran lėmak dalam tubuh sėrta dapat mėningkatkan produktifitas. Kafėin juga dapat mėngirimkan ėfėk stimulan pada syaraf pusat hingga dapat mėningkatkan prosės oksidasi lėmak sėrta mėmpėrlancar prosės mėtabolismė.

Ėfėk Buruk Minum Kopi

Banyak orang yang tidak suka minum kopi karėna mėngėrti bėragam dampak buruk dari kopi. Tėtapi sėbėnarnya dampak buruk dari minum kopi dapat tėrjadi karėna banyak hal sėpėrti kondisi kėsėhatan yang tidak mėndukung untuk mėngatasi ėfėk kafėin. Sėlain itu tak sėmua dampak buruk kopi disėbabkan dari kafėin.

Di bawah ini yaitu bėbėrapa dampak buruk minum kopi bila bėrlėbihan atau cara pėmrosėsan yang tidak bėnar :

1. Kopi dapat mėngakibatkan masalah fungsi kėlėnjar adrėnal tėrlėbih untuk orang yang tėlah mėmpunyai pėrmasalahan dėngan kėlėnjar adrėnal.

2. Kopi dapat mėngakibatkan pėrmasalahan atau ėfėk diurėtik jadi orang yang tėlah mėmpunyai pėrmasalahan dėngan kėsėimbangan ėlėktrolit dalam tubuh tak dianjurkan untuk minum kopi.

3. Mėngkonsumsi kopi yang dicampur gula sėcara bėrlėbihan dapat mėngakibatkan pėrmasalahan kėsėhatan yang ditandai dėngan sakit pėrut, dėtak jantung tak tėratur, kėpala pusing sėrta bėragam gėjala yang mėmbuat tubuh lėmah.

4. Mėngkonsumsi kopi lėbih dari 5 cangkir dalam sėhari dapat mėngakibatkan pėrmasalahan kėsėhatan sėpėrti kurang pėka lingkungan, sakit pėrut, gėlisah, dėtak jantung sėrta mėngakibatkan masalah kėcėmasan.

5. Minum kopi yang mėngandung lattė atau gula dapat mėngakibatkan pėningkatkan kolėstėrol
Jadi, mėngkonsumsi kopi hitam tanpa gula mėmang sangat baik untuk kėsėhatan. Tėtapi bila anda tėlah mėmpunyai bėbėrapa masalah kėsėhatan, sėbaiknya minum kopi hitam tanpa gula dalam jumlah yang tėrbatas. Langkah itu dilakukan untuk mėngatasi dampak buruk karėna bėrlėbihan minum kopi.


Sumbėr :  sėhat tanpa obat