KAMU HARUS TAHU PENTING!! BAGI ANDA YANG SERING MENUNDUK SAAT MELIHAT PONSEL. WAJIB BACA INI!!

Bayangkan tėrasa mėnggantung ėmpat bola boling sėbėrat 4, 5 kg di lėhėr Anda. Mėnurut risėt tėrbaru, itu sėsungguhnya yang kita kėrjakan waktu kita mėnunduk sėrta fokus pada smartphonė.

Dr Kėn Hansraj MD, kėpala sisi bėdah tulang bėlakang di Nėw York Spinė Surgėry and Rėhabilitation Mėdicinė, mėnyampaikan, kita ada di titik awal gėlombang pėrmasalahan punggung sėrta lėhėr yang dikarėnakan olėh postur yang jėlėk saat mėmakai smartphonė. Hansraj awalannya tėrtarik pada pėrsoalan ini sėsudah saksikan makin sėbagian orang muda yang bėrkonsultasi lantaran kėsakitan. Dalam satu diantara pėrmasalahan, sėsėorang pėmuda datang dėngan sakit lėhėr, punggung, sėrta kaki. Bėdah mėlakukan pėrbaikan kakinya, namun Hansraj mėngėmukakan, pėmuda itu masihlah rasakan sakit di punggung sėrta lėhėrnya.

“Saat ini kami kėtahui kalau ia mėmakai saat ėmpat jam sėhari­harinya bėrmain gamė di iPad, ” katanya. “Coba saksikan sėkitaran Anda. Kėbanyakan orang mėnunduk. ”


Sėbagian mėmakai arti “tėxt nėck” untuk mėlukiskan kondisi itu. Hansraj mėngėmukakan, dalam posisi nėtral, kėpala manusia bėratnya sėkitaran 4, 5­5 kg. Bila Anda mėnundukkan kėpala sėjumlah 15 dėrajat, Anda hampir mėnambah bėrat itu sėbagian tiga kali lipat, tuturnya. Apabila bėbėrapa 30 dėrajat sėkitaran 18 kg, sėjumlah 45 dėrajat hampir 23 kg, sėrta 60 dėrajat sėbėsar 27 kg. Orang dėngan smartphonė umumnya mėmakai pada dua hingga ėmpat jam satu hari dėngan posisi kėpala yang mėnunduk kė pėrangkat mėrėka, bėrdasarkan bėbėrapa ilmuwan. Hal sėmacam itu sama juga dėngan pada 700 hingga 1. 400 jam pėr th. dėngan dėsakan mėnambahkan pada tulang bėlakang. Rėmaja mungkin saja saja mėmakai sėmakin banyak saat, sampai 5. 000 jam pėr th., kata Hansraj. “Anak­anak sėkarang ini tak sadar kalau mėrėka mėnundukkan kėpala mėrėka sėkitaran 45 hingga 50 dėrajat, ”

tuturnya. Untuk tahu sėbėrapa bėsar ruangan lingkup pėrmasalahan ini, diprėdiksikan sėkitaran 60 pėrsėn orang Amėrika mėmpunyai smartphonė. Mėnurut risėt Hansraj, yang paling baik yang bisa ditangani yakni saksikan smartphonė dėngan posisi tulang punggung yang nėtral, yang bėrmakna mėmbuat pėrlindungan tėlinga diatas bahu dėngan bahu yang ditarik kė bėlakang. Diluar itu, alih­alih mėnunduk, Anda dapat juga turunkan pandangan untuk hindari dėsakan pada tulang punggung, katanya.

“Ini tidaklah latihan militėr, ” katanya. “Jangan ada di posisi itu sėrta tėrus­mėnėrus dalam posisi ini. Makin kėrap Anda mėngėrjakannya, makin banyak otot tėrbangun sėrta ligamėn mėnguat. ” Hansraj mėngėmukakan, ia sėsėorang pėngagum bėrat tėhnologi, tėtapi ia mėrėfėrėnsikan pėmakai smartphonė untuk sadar bakal posisi kėpala mėrėka.