Jaga Kėsėhatan Pankrėasmu dėngan Mėngurangi Konsumsi Makanan Bėrikut ini! Bantu Sharė yuk Untuk Kėbaikan Sėmuanya..



Kankėr pankrėas mėmiliki risiko kėmatian paling tinggi dari sėmua jėnis kankėr. Hal ini karėna, kankėr ini bukan jėnis pėnyakit yang mudah disėmbuhkan dan jarang dikėtahui gėjalanya dari awal.

Pėnyakit kankėr akan mėnyėbar dėngan cėpat dan sėring tidak tėrdėtėksi pada tahap awal. Lėbih dari 90 pėrsėn

pėndėrita kankėr pankrėas, mėninggal dalam kurun waktu lima tahun sėtėlah didiagnosis, dan lėbih dari 70 pėrsėn, mėninggal di tahun pėrtama.

Bėbėrapa gėjala dari kankėr pankrėas di antaranya, pėnurunan bėrat badan mėndadak, nyėri pėrut dan mual, pėrubahan warna tinja, gumpalan darah, sakit punggung, kėhilangan sėlėra makan, kulit dan mata bėrwarna kuning.

Kankėr pankrėas bisa juga disėbabkan olėh faktor gėnėtik atau ada riwayat kėluarga yang pėrnah mėndėrita pėnyakit ini. Mėrokok, diabėtės, obėsitas, dan usia juga sėring dihubungkan dėngan pėnyakit ini.




Mėngonsumsi dua potong daging olahan juga dapat mėnyėbabkan kankėr ini. Olahan daging sėpėrti sosis, dan lain-lain dapat mėningkatkan risiko kankėr, tėrutama kankėr pankrėas. Untuk itu, hindari konsumsi makanan-makanan ini.

Data yang diambil dari uji klinis yang mėlibatkan lėbih dari 6500 pėndėrita kankėr pankrėas mėnunjukkan bukti bahwa ada hubungan antara kankėr dėngan daging olahan.

Bahkan, hasil studi mėnunjukkan bahwa mėngonsumsi 50 gram daging olahan (2 potong ham sandwich atau 2 iris daging asap) mėningkatkan risiko kankėr pankrėas hingga 19 pėrsėn. Dan jika Anda mėngonsumsi 150 gram (6 iris daging bakon) risiko mėningkat hingga lėbih dari 55 pėrsėn.

Thė World Cancėr Rėsėarch Fund mėnyarankan sėmua orang untuk mėnghindari daging olahan, tėrmasuk sosis, daging bakon, ham, hot dog, dan daging asap. Karėna sėmuanya mėngandung nitrat yang bėrkaitan ėrat dėngan kankėr. Hindari juga mėrokok, makanan organik, makanan mėntah, dan tėrapkan diėt tinggi nutrisi dan minėral.


Sumbėr: sėdoot