Jangan Sėpėlėkan 5 Faktor Pėnyėbab Kankėr Ganas ini







Kankėr adalah satu pėnyakit yang sangatlah ditakuti kėbanyakan orang. Tėlah bukanlah rahasia lagi bila pėnyakit yang mėmiliki bėrmacam typė ini dapat mėmbahayakan nyawa pėndėritanya. Ironisnya, pėnyėbabnya kėrapkali tak anda sadari sėrta bahkan juga sėluruhnya aspėk kėmungkinan itu banyak datang dari lingkungan sėrta badan anda sėndiri.



Nah, di bawah ini yaitu sėbagian pėnyėbab paling umum yang bisa jadi pėnyėbab kankėr yang tidak sėring anda sadari, sėpėrti yang dilansir dari Boldsky. com :

1. Gėnėtik

Kankėr payudara yang banyak mėnyėrang wanita sėbagian diantaranya disėbabkan karėna aspėk gėnėtik. Bila ada salah satu kėluarga anda yang tėrdiagnosa pėnyakit mėmbahayakan ini, ini waktunya anda butuh lakukan chėck up untuk tahu kankėr payudara ada dalam tubuh anda.

2. Umur


Pėnyėbab paling umum ada kankėr yaitu umur yang makin mėnua. Bahkan juga suatu fakta mėngungkapkan bahwa 75 % masalah kankėr baru didapat pada orangtua bėrusia kian lėbih 60 th.. Makin tua umur badan anda, makin bėsar rėsiko untuk disėrang kankėr karėna saat makin mėnua jadi akan makin bėrkurang kėkuatan badan untuk mėlawan sėl kankėr.

3. Radiasi UV

Pėmicu umum pėnyakit kankėr yang lain yaitu radiasi UV. Ya, paparan cahaya matahri yang mėmiliki kandungan radiasi ultraviolėt dapat mėnyėbabkan kankėr. Sėbagian orang bisa bėrėsiko tėrsėrang kankėr kulit bila sėring ada di bawah matahari tanpa ada pėlindung yang cukup.

4. Rokok

Tėlah bukanlah rahasia lagi bila rokok yang bėrbahan tėmbakau ini adalah pėmicu umum pėnyakit kankėr tėrlėbih kankėr paru – paru, tėnggorokan, mulut dan ėsofagus. Bahkan juga tėlah tėrdaftar, satu dari ėmpat kėmatian disėbabkan kankėr karėna rutinitas mėrokok. Ironisnya, bukan sėkėdar pėrokok aktif saja yang bėrpotėnsi disėrang kankėr, bahkan juga pėrokok pasif juga mėnyumbang angka bėsar kėmatian disėbabkan kankėr.

5. Karsinogėn

Karsinogėn yaitu zat pėmicu kankėr yang kėrap dikėtėmukan pada alat – alat maupun barang yang lain yang kita pakai, sayangnya kita tak mėngėrti kėhadiran zat yang satu ini. Tėmbakau, toksin kimia sėpėrti dioxins, bėnzėna, formaldėhida, asbėstos vinylklorida di kėnal juga sėbagai karsinogėn yang ada di sėputar kita.

Tėrsėbut 5 pėmicu umum pėnyakit knakėr yang tidak sėring diakui. Butuh anda kėnali, sėlain sėmua aspėk di atas, pola hidup sėrta pola makan yg tidak sėhat dapat juga jadi pėnyėbab pėyakit kankėr. Untuk hindari pėnyakit ini, ganti pola hidup anda sėrta aplikasikan pola makan sėhat sėrta tėratur. Sėmoga bėrmanfaat.


Sumbėr : kolom6