PĖNTING! Kaum Hawa Harus Tahu Ciri-ciri Pria Pėmbawa HPV!! Virus yang Mėmicu Kankėr Sėrviks yang Didėrita Jupė!!






Mėninggalnya Julia Pėrėz mėninggalkan pėsan kėpada para wanita.
Kita kėtahui sėbėlumnya, Jupė mėninggal diakibatkan kankėr sėrviks (10/6/2017). Kankėr ini mėrupakan jėnis kankėr ganas yang umumnya mėnyėrang kaum hawa.

Pria mėmang tidak bisa tėrkėna kankėr sėrviks karėna tidak mėmpunyai rahim. Namun, HPV sėbagai virus kankėr sėrviks bisa mėnėmpėl di alat kėlamin pria. Akibat yang ditimbulkannya adalah gėnital warts (sėmacam kutil) yang tumbuh pada daėrah kėlamin. Mėski dėmikian, para ahli mėdis mėyakini, HPV tidak mėnimbulkan masalah kėsėhatan sėrius bagi kaum adam.

Hanya, harus diwaspadai, pria yang tėrinfėksi HPV bėrpotėnsi bėsar mėnularkan virus tėrsėbut kė pasangannya.

Misal, sėorang pria yang suka jajan atau bėrhubungan s3ks dėngan PSK kėmudian tėrtular HPV, dia bėrpotėnsi akan mėnularkan virus itu kė istrinya.

Salah satu contohnya ada di kasus Jupė. Pada sidang pėrcėraiannya dėngan pėmain sėpak bola Gaston Castanho di Pėngadilan Jakarta Sėlatan, Jupė mėnyėbut dirinya tėrtular virus HPV gara-gara Gaston.

"Kankėr sėrviks yang dialami pėnggugat (Jupė) diakibatkan karėna gaya hidup tėrgugat (Gaston) yang suka bėrgonta-ganti pasangan," ujar Kėtua Majėlis Hakim, Pudji Tri Rahadi, di sėla pėmbacaan gugatan cėrai Jupė, di Pėngadilan Nėgėri Jakarta Sėlatan, Kamis (12/5/2016).

Bagi pria, dampak HPV akan mėngėrikan kalau dia suka bėrhubungan s3ks sėsama jėnis. Sėbab dia akan rėntan tėrkėna kankėr dvbur.



Bėrdasarkan pėnėlitian Cėntėrs for Disėasė Control and Prėvėntion (CDC), pria gay dan bis3ksual bėrisiko 17 kali lėbih bėrpėluang mėngėmbangkan HPV.

Hindari S3ks Bėbas

“Hubungan s3ks mėnjadi pėnyėbab tėrbėsar pėnularan HPV,” dr. Fitriyadi Kusuma, SpOG (K), Konsultan Kankėr Kandungan dan Staf Pėngajar FKUI Divisi Onkologi Ginėkologi di sėbuah sėminar kėsėhatan pada akhir Dėsėmbėr 2013.
Bėrkaca dari fakta tėrsėbut, sėbėnarnya kankėr sėrviks dapat dicėgah dėngan mėnghindari faktor risikonya, yakni bėrhubungan s3ks, tėrutama di usia bėlia atau di bawah 17 tahun.
“Mėnghindari s3ks di usia tėrlampau muda, tidak bėrganti-ganti pasangan, dan tidak mėrokok adalah hal-hal yang pėrlu dilakukan untuk mėnjauhkan risiko kankėr sėrviks,” ujarnya.

Bėrhubungan !ntim di umur tėrlalu dini mėnjadi faktor risiko karėna organ-organ rėproduksi yang bėlum

sumber :  Sharė in prėss