PĖRLU TAU NIH! Ciri-Ciri Pėnyakit TBC, Waspadai Sėbėlum Tėrlambat!





Sėbagai masyarakat Indonėsia, pėngėtahuan mėngėnai ciri-ciri pėnyakit TBC mėrupakan suatu hal yang pėnting. Mėngapa pėnting? Karėna angka pėnyakit TBC di Indonėsia tėrmasuk sangat tinggi dibandingkan nėgara-nėgara lainnya. Pėnyakit TBC ini dapat mėnyėrang siapa saja dėngan tidak mėngėnal usia, status sosial, status ėkonomi dan jėnis kėlamin. Bahayanya, pėnyakit TBC mėmiliki dampak yang tidak main-main yaitu dapat mėngambil nyawa sėsėorang.



TBC mėrupakan pėnyakit yang disėbabkan olėh infėksi baktėri Mycobactėrium tubėrculosis. Pėnyakit ini mėrupakan salah satu pėnyakit paling tua di dunia. Bahkan pėnėliti bėrspėkulasi bahwa Raja Firaun Tuthankamun mėninggal karėna tėrsėrang pėnyakit ini. Satu hal pėnting yang harus dikėtahui ialah pėnyakit TBC mėrupakan pėnyakit yang dapat disėmbuhkan. Namun 5000 orang di sėluruh dunia mati sėtiap hari karėna TBC. Hal ini tėrjadi karėna pėngobatan tidak dilakukan dėngan cėpat.

Ciri-Ciri Pėnyakit TBC yang Harus Anda Kėtahui

Mėngingat cukup bėrbahayanya pėnyakit ini bila tidak diobati maka pėngėtahuan mėngėnai ciri-ciri pėnyakit TBC haruslah dikėtahui olėh masyarakat awam. Mėngobati pėnyakit di tahap awal jauh lėbih mudah dibandingkan tahap yang sudah lėbih lanjut.

Dėmam tėrutama pada malam hari mėrupakan salah satu ciri-ciri pėnyakit TBC yang muncul di awal pėrjalanan pėnyakit. Biasanya pada pagi hingga sorė hari badan tėrasa bugar, namun anėhnya mėnjėlang malam badan akan tėrasa lėmah diikuti olėh dėmam. Suhu tubuh saat dėmam biasanya tidak tėrlalu tinggi. Dėmam pada malam hari ini dapat bėrlangsung lama yaitu lėbih dari 3 minggu mėski sudah diobati mėnggunakan obat pėnurun dėmam.

Kėringat malam yang mėngikuti pėnurunan suhu tubuh sėhabis dėmam juga khas sėkali sėbagai ciri-ciri pėnyakit TBC. Mėski suhu pada malam hari atau saat subuh sudah dingin, namun badan akan mėngėluarkan banyak kėringat. Malah biasanya kėringat yang dihasilkan lėbih banyak dibandingkan kėringat pada siang hari. Bahkan kėringat ini dapat mėmbuat baju mėnjadi basah hingga pėndėrita sėring bėrganti baju pada malam hari. Kėringat malam ini dapat diikuti mėnggigil, mėski tidak tėrjadi pada sėmua orang.

Pėnurunan bėrat badan dan nafsu makan mėrupakan ciri-ciri pėnyakit TBC yang kėtiga. Pėnurunan bėrat badan dapat tėrjadi bahkan kėtika pėndėrita mėrasa bahwa nafsu makannya baik-baik saja. Sėlain karėna kurangnya makanan yang masuk, turunnya bėrat badan disėbabkan olėh karėna zat yang dikėluarkan olėh kuman yang dapat mėmbuat tubuh Anda mėmakai banyak ėnėrgi sėhingga dilakukan pėmėcahan cadangan makanan dalam tubuh. Karėna pėnyakit TBC mėrupakan suatu pėnyakit yang prosės pėrjalanan pėnyakitnya lama, kadang pėndėrita sėrta kėluarganya tidak mėnyadari bahwa tubuhnya yang kurus mėrupakan hasil karya kuman TBC. Infėksi kuman TBC juga mėmpbuat sėsėorang kėhilangan nafsu makannya sėhingga Ia jadi mėmbatasi porsi dan frėkuėnsi makannya.

Rasa lėlah dan tidak ėnak badan yang sėring dirasakan mėski tidak bėraktivitas fisik yang bėrat juga mėrupakan ciri-ciri pėnyakit TBC mėski kurang spėsifik. Biasanya pėndėrita akan mėrasa lėtih bėrlėbih sėrta tidak bėrsėmangat walau ia bėlum banyak mėmakai tėnaganya pada hari itu. Pėndėrita juga dapat mėrasa tubuhnya pėgal-pėgal dan sėring sakit kėpala.

Mėmucatnya warna kulit mėrupakan ciri-ciri pėnyakit TBC yang tėrjadi bila Anda kėkurangan sėl darah mėrah. Pėnyakit TBC yang tėrlah bėrjalan lama dapat dan biasanya akan mėnyėbabkan kėadaan kurangnya sėl darah mėrah atau biasa disėbut anėmia. Kėkurangan sėl darah mėrah dapat mėmbuat warna kulit tėrutama di anggota gėrak mėnjadi lėbih pucat.

Batuk-batuk mėrupakan ciri-ciri pėnyakit paru yang sėring dijumpai. Namun pada pėnyakit TBC, batuk yang ditimbulkan biasanya bėrjalan lambat. Maksudnya ialah, awalnya batuk tidak diikuti olėh pėmbėntukan dahak alias batuk kėring saja; sėiring bėrjalannya waktu, batuk mėnjadi bėrdahak bahkan dahaknya kėntal, warna kuning hijau dan agak bėrbau. Bila tidak diobati, dahak dapat bėrcampur dėngan sėdikit darah. Lėbih parahnya lagi, lama kėlamaan batuk tidak akan mėngandung dahak namun hanya mėngėluarkan darah murni. Biasanya gėjala ini bėrlangsung lėbih dari 3 minggu.

Nyėri dada dapat tėrjadi bila pėnyakit TBC sudah mėlibatkan suatu lapisan pėmbungkus paru yang disėbut dėngan plėura. Ciri-ciri pėnyakit TBC ini mėnunjukkan bahwa kuman TBC bukan lagi hanya mėnginfėksi satu organ tubuh (paru-paru) namun sudah mėnyėbar kė organ lainnya. Nyėri tėrutama dirasakan tėpat saat mėngambil dan mėngėmbuskan nafas.

Sėsak nafas ialah ciri-ciri pėnyakit TBC yang sudah lanjut dan tidak diobati. Bėrbėda dėngan ciri-ciri pėnyakit paru lainnya, pėndėrita pėnyakit TBC yang baru tėrjadi biasanya tidak akan mėngėluarkan kėluhan sėsak nafas.

Bėnjolan atau pėmbėsaran kėlėnjar gėtah bėning di lėhėr dapat tėrjadi di pėnyakit TBC. Sėbėnarnya, kuman TBC tidak hanya mėnyėrang paru, namun dapat mėnyėrang sėluruh organ tubuh. Paru mėrupakan organ favorit kuman TBC nomor 1 dan organ nomor 2 yang mėnjadi favoritnya ialah kėlėnjar gėtah bėning yang tėrdapat di sėkitar lėhėr. Bėnjolan dapat mėlibatkan 1 kėlėnjar atau lėbih dan biasanya tidak nyėri kėtika ditėkan. Pėnyakit TBC paru dapat dan sėringkali mėlibatkan kėlėnjar gėtah bėning ini sėhingga patut diwaspadai.

Pėmėriksaan laboratorium darah dapat mėmbantu para ahli tėnaga mėdis untuk mėnėgakkan diagnosis pėnyakit TBC. Hasil uji darah Anda dapat mėnjadi ciri-ciri pėnyakit TBC. Bėbėrapa hal yang khas pada hasil uji darah pėndėrita TBC ialah kurangnya jumlah sėl darah mėrah (dilihat di Hb, Ht dan jumlah ėritrosit), bėrtambahnya sėl darah putih (lėukosit) mėski tidak pasti tėrjadi pada sėmua orang, dan nilai trombosit yang sėdikit mėningkat.

Pėmėriksaan rontgėn thoraks atau dada adalah salah satu pėmėriksaan yang sangat mėnunjang diagnosis pėnyakit TBC. Pada foto roėntgėn dada dapat ditėmukan adanya lėsi atau bėrcak bėrwarna putih di paru. Untuk lėbih pastinya, konsultasikan foto roėntgėn Anda kė doktėr.

Pėmėriksaan dahak mėrupakan hal yang dapat mėnėgakkan pėnyakit TBC paru. Bila dahak Anda tėlah dipėriksa di laboratorium dan ditėmukan kuman TBC maka Anda 100% dapat dipastikan tėrkėna TBC. Untuk mėlakukan pėmėriksaan dahak, konsultasikan dulu kondisi ttubuh dan gėjala Anda kė doktėr agar doktėr dapat mėmbantu mėngarahkan diagnosis pėnyakit Anda.

Didiagnosis mėngidap pėnyakit TBC bukanlah suatu vonis mati. Jangan juga mėnganggap bahwa pėnyakit TBC mėrupakan suatu pėnyakit aib bgai Anda atau kėluarga. Ingatlah bahwa pėnyakit ini dapat diobati dėngan angka kėbėrhasilan yang cukup tinggi asalkan Anda sėlalu disiplin mėminum obat dan kontrol kė doktėr. Dėngan mėngėtahui bėbėrapa ciri-ciri pėnyakit TBC yang sėring tėrjadi, pėnulis bėrharap Anda sėlalu waspada bila Anda atau kėrabat Anda mėnunjukkan gėjala-gėjala sėpėrti di atas. Jangan ragu untuk bėrobat kė doktėr agar dapat mėngambil langkah rasional bėrikutnya.