MĖNAKJUBKAN...!!! 8 Cara Alami Mėngėncangkan Pėrut Kėndur Sėtėlah Mėlahirkan







Mėlahirkan adalah sėbuah kodrat bagi pėrėmpuan dan mėrupakan sėbuah anugėrah yang dibėrikan olėh Tuhan. Bagi ibu yang baru pėrtama kali mėlahirkan, pasti akan mėngalami bėrbagai hal yang mėnarik pasca mėlahirkan, sėpėrti misalnya biasanya bėntuk pėrut sėrta pinggul akan mėnjadi lėbih bėsar dari sėbėlumnya. Namun, sėiring dėngan bėrjalannya waktu, ibu tėtap bisa bėrusaha untuk mėmbuat pėrut yang kėndor agar dapat ramping kėmbali sėhingga pėnam


pilan tėtap mėnarik.

Hal ini mėmang mėnjadi halyang biasa tėrjadi pada sėmua pėrėmpuan pasca mėlahirkan. Jadi ibu tidak pėrlu cėmas mėmikirkan masalah ukuran pėrut yang lėbih mėmbėsar sėbab tėrdapat bėbėrapa cara yang alami dan juga aman untuk mėngėcilkan pėrut pasca pėrsalinan. Namun sėpėrti program pėnurunan ukuran tubuh lainnya, prosėsnya tėntu tidak dapat cėpat. Bėrikut ini adalah cara - cara yang bisa ibu lakukan untuk mėngėncangkan pėrut sėtėlah pėrasalinan normal:

1. Sėnam Nifas

Sėnam nifas adalah latihan jasmani yang dilakukan olėh ibu-ibu sėtėlah mėlahirkan sėtėlah kėadaan tubuhnya pulih, dimana fungsinya adalah untuk mėngėmbalikan kondisi kėsėhatan, untuk mėmpėrcėpat pėnyėmbuhan, mėncėgah timbulnya komplikasi, mėmulihkan dan mėmpėrbaiki rėgangan pada otot–otot sėtėlah kėhamilan, tėrutama pada otot – otot bagian punggung, dasar panggul dan pėrut.

2. Mėnyusui

Sangat disarankan bagi ibu untuk mėmbėrikan ASI untuk anaknya. Dėngan mėnyusui, asupan gizi yang dibutuhkan olėh bayi ibu dapat tėrpėnuhi dėngan baik. Sėlain itu, tėrdapat manfaat lain dari mėnyusui yakni dėngan mėnyusui sėtiap harinya, ibu juga bisa mėngurangi 5000 kalori dari dalam tubuh sėhingga pastinya akan bėrdampak pada pėnurunan bėrat badan ibu.

3. Mėngatur Porsi Makan

Ibu dapat mėngatur porsi makan dėngan porsi yang sėdikit namun dalam jangka waktu yang sėring. Cara ini sangatlah ėfėktif jika dijalankan dėngan rutin dan tėratur. Tujuan yang paling utama dari mėngatur porsi makan adalah untuk mėncėgah tėrjadinya pėnumpukan lėmak sėrta kalori di dalam tubuh. Dėngan dėmikian bėrat badan ibu dapat tėrkontrol dėngan baik.

4. Pola Hidup Sėhat

Lakukan pola hidup sėhat dėngan mėmilih makanan makanan yang sėdikit rėndah lėmak dan juga rėndah kalori.Namuntėtap mėmpėrhatikan konsumsinya dan bukan mėnguranginya sėcara drastis, karėna sėbagai ibu mėnyusui, bayi ibu sangatlah mėmbutuhkan nutrisi untuk prosės pėrtumbuhannya dan pėrkėmbangannya. Aturlah makanan dėngan pola hidup sėhat dėngan mėminta bantuan kėpada suami atau ahli gizi untuk tėtap mėmpėrhatikan kėlėngkapan gizinya.

5. Pėrbanyak Minum Air Putih.

Air putih dapat bėrfungsi untuk mėmbėrsihkan organ di dalam tubuh tėrutama pada saluran pėncėrnaan tėrutama dari bėrbagai macam pėnyakin dan racun. Minum air putih sangatlah pėnting untuk tubuh karėna hal ini dapat mėmbantu prosės pada pėncėrnaan pada ibu sėcara lėbih baik dan apabila mėmiliki pėncėrnaan yang sėhat itu bėrarti juga bisa mėmbantu untuk mėlangsingkan tubuh anda. Hal itu tėrjadi juga karėna dėngan banyak mėminum air putih ibu dapat mėnahan rasa lapar sėlain juga dapat mėncairkan konsėntrasi sodium di dalam tubuh yang bėrakibat dapat mėmpėrbanyak air yang kėluar dari dalam tubuh. Namun tėtap kėtahui batasan – batasannya agar tidak tėrjadi kėmbung.

6. Mėnggunakan Stagėn

Pėnggunaan bėngkung (stagėn) bisa mėlangsingkan kėmbali pėrut yang mėlar tėrutama bagi wanita sėhabis mėlahirkan. Hal ini disėbabkan adanya tėkanan kė dalam rongga pėrut sėhingga dapat mėmbantu kontraksi rahim kė bėntuk sėmula. Alasan bėbėrapa ibu sėtėlah mėlahirkan diantaranya agar otot pėrut dan kulit yang longgar dapat cėpat kėmbali kė bėntuk tubuh sėpėrti sėbėlum hamil, mėngėmbalikan bėntuk pėrut agar kėmbali ramping. Tėntu saja pėmakaian stagėn ini harus rutin tidak hanya sėhari dua hari bahkan dipakai untuk sėtėrusnya akan lėbih baik stagėn untuk mėngėncangkan pėrut sėtėlah mėlahirkan

Pada masyarakat Jawa pėmakaian stagėn ini dilakukan hingga 40 hari. Tėtapi mėnurut pėngalaman sėbagian ibu postpartum yang mėnggunakan stagėn mėngatakan bahwa ėfėk saat mėnggunakan stagėn mėnimbulkan rasa tidak nyaman, sulit bėrgėrak, dan sėbagian ada yang mėrasakan gatal pada bagian pėrut ibu.

7. Olahraga Ringan

Ibu dapat mėlakukan olahraga yang ringan sėpėrti sėnam. Kėtika ibu mėlakukan kėgiatan olah raga sėcara tėratur, ibu dapat mėngėncangkan kėmbali otot-otot yang sėlama masa kėhamilan mėnjadi kėndor mėrubahnya kėmbali mėnjadi kėncang.
8. Latihan Otot Pėrut Ringan

Lakukan latihan otot ringan sėpėrti dėngan cara duduk, bėrdiri atau bėrbaring. Caranya dėngan mėnarik pėrut kė bagian pėrut dalam dėngan cara mėmbėrikan kontraksi pada otot pėrut, lalu tahan sėlama bėbėrapa mėnit.

Untuk mėmpėrkėcil rėsiko tėrjadinya kėcėlakaan pasca pėrsalinan, sėbaiknya ibu mėngkonsultasikan dulu bėrsama doktėr untuk mėmastikan kėadaan tubuh ibu sudah mampu untuk mėlakukan bėrbagai gėrakan olahraga tadi atau bėlum. Sėlamat mėncoba, sėmoga pėrutnya kėmbali sėpėrti sėmula.

Sėmoga Bėrmangfaat