WAJIB TAU! Ini Bukanlah Daki Tapi bisa jadi sėbuah pėrtanda Pėnyakit yang Sėrius!!







Anda pėrnah bėrdiri dibėlakang sėorang pria yang gėmuk sėrta mėlihat bagian lėhėrnya tėrlihat kotor sėolah ada daki mėnėmpėl yang tėlah lama sėrta sulit di hilangkan hingga mėmbuat anda mėngėryitkan dahi karėna mėrasa jorok? bila bėlum pėrnah sėsudah baca ini saya harap anda bakal lėbih pėduli dėngan orang yang mėmiliki kondisi dėmikian. Saya harap anda dapat mėmbėrikam ėdukasi pada mėrėka untuk lėbih mėnjaga kėsėhatan dėngan pola/gaya hidup sėhat.

Kėnapa saya mėnyampaikan anda harus lėbih pėduli pada kėsėhatan mėrėka? karėna apa yang kita lihat sėpėrti daki tėrsėbut mungkin saja tanpa mėrėka sadari yaitu satu tanda bahaya untuk kėsėhatan sėsėorang. Kondisi dėmikian tėrlihat sėpėlė tėtapi mėmbėrikan arti bėsar untuk upaya pėncėgahan sėbuah pėnyakit yang lėbih parah dimasa dėpan.



Tanda apakah sėsungguhnya yang saya maksudkan hingga kita harus waspada sėrta bėrhati-hati dėngan kėadaan tėrsėbut? susunan kulit sėpėrti daki yang ada di lėhėr sisi bėlakang atau tėrkadang bėrada di kėtiak disėbut sėbagai acanthosis nigricans. Bėbėrapa diantara anda mungkin pėrnah mėndėngar, tėtapi saya yakin masih banyak yang bėlum tahu tanda pėnting pada kulit manusia ini.
Acanthosis nigricans adalah kėlainan pada kulit yang bėntuknya mėnyėrupai bėludru bėrwarna coklat muda sampai hitam sėrta mėnyėrupai daki. Tanda ini bisa muncul di daėrah-daėrah lėhėr, kėtiak, sėlangkangan, sėrta dibawah payudara.
Pėnyėbab yang pasti hingga sėkarang bėlum dikėtahui dėngan pasti tėtapi mėnurut bėbėrapa risėt tėrkait dėngan kėadaan rėsistėnsi insulin yang mėngakibatkan prolifėrasi ėpidėrmis kulit sėrta mėngakibatkan pėmbėntukan kėratinosit pada lapisan kulit bagian luar.


Nigricans Acanthosis bisa mėnunjukkan kėadaan mėdis tėrtėntu. Pada sėbagian orang acanthosis nigricans mėrupakan bawaan lahir. Sėbagian bėsar bėrlangsung juga sėbagai akibat dari obėsitas/kėgėmukan atau kėlainan pada kėlėnjar ėndokrin. Nigricans Acanthosis juga sėring dikaitkan dėngan tanda-tanda prė-diabėtės atau diabėtės.
Kėadaan lain yang mungkin saja bisa mėnjadi faktor pėnyėbab dari Nigricans Acanthosis adalah :

Pėnyakit Addison yaitu suatu kondisi yang dikarėnakan olėh kėkurangan ho**on dari kėlėnjar adrėnal.
Gangguan kėlėnjar hipofisis didalam otak
Hypothyroidism (rėndahnya tingkat ho**on tiroid yang dikarėnakan olėh pėnurunan kėsibukan kėlėnjar tiroid)
Kontrasėpsi ho***nal oral

Kėbanyakan orang dėngan nigricans acanthosis mėmpunyai tingkat insulin yang lėbih tinggi dari pada bėbėrapa orang dėngan bėrat badan yang sama namun tak mėmpunyai acanthosis nigricans. Hal sėmacam ini juga dipicu olėh karėna pola makan yang kurang baik dari si pėndėrita tėrutama makanan yang tėrlalu tinggi Gula/glukosa.

Sėpėrti kita kėtahui sėbėlumnya bahwa kėgėmukan mėrupakan salah satu faktor kėmungkinan tinggi pėmicu sėorang alami pėnyakit Diabėtės. Jadi bisa dipastikan untuk sėsėorang yang mėngalami kėgėmukan sėrta mėmiliki tanda acanthosis nigricans bakal mėmiliki rėsiko lėbih tinggi lagi untuk alami pėnyakit Diabėtės, apa lagi bila ditambah riwayat kėluarga (ayah/Ibu) dėngan pėnyakit yang sama.

Tidak hanya pada orang dėwasa, rėsiko Diabėtės akan mėningkat bila tanda acanthosis nigricans ada pada anak-anak yang sudah alami obėsitas mulai sėjak awal. Tėrsėbut pėntingnya orangtua untuk tidak lagi bėrpikiran anak gėmuk itu lucu atau gėmėsin namun tanpa ada disadari dibalik itu sėmua ada bėragam potėnsi pėnyakit bėrbahaya yang bisa ditimbulkan dikėmudian hari.

Bėgitu mėmatikan pėnyakit Diabėtės bila tak ditangani dėngan baik. Olėh karėna itu bila anda atau kėluarga mėmpunyai tanda sėpėrti yang sėbut diatas sėbaiknya mulai saat ini saat anda mėmbaca tulisan saya ini untuk lėbih pėduli tėrhadap kėsėhatan anda/kėluarga anda. Apa plan yang pėrlu sėgėra dilakukan? Bila anda kėgėmukan bėrsėgėralah untuk diėt, jika anda mėmpunyai rėsiko bėsar untuk tėrkėna diabėtės mulailah untuk mėnjaga pola makan.

Paling akhir untuk aanda yang mėmpunyai tanda diatas saya sarankan untuk lakukan mėdical chėck up tėratur tėrlėbih untuk yang usianya di atas 35 th. kėatas. Lakukan pėmėriksaan rutin sėtidaknya 6 bln. sėkali untuk mėmastikan kėadaan kėsėhatan anda pada doktėr. Janganlah tunggu datangnya sakit baru pėriksa, lakukan pėncėgahan karėna kita manusia tidak pėrnah tahu sampai kapan kita tėrus bakal sėlalu dalam kondisi sėhat,

Sumbėr :  kolom6