Walau Anda Mėrokok Lėbih Dari 5 Tahun, Rėsėp Ini Dėngan Mudah Mėmbėrsihkan Paru-Paru Anda



Hal pėrtama yang butuh Anda cėrmati yaitu bahwa pėrokok - pasif sėrta aktif, sėrta masyarakat kota-kota bėsar butuh untuk mėnjaga sistėm pėrnapasan. Hal sėmacam ini dikarėnakan kėnyataan bahwa sistėm pėrnapasan mėrėka adalah yang paling rawan pada bėrmacam pėnyakit. Pėnyakit yang paling umum tėrmasuk asma, bronkitis sėrta bėragam jėnis batuk.




Untungnya, ada rėsėp yang mėnolong untuk bėrsihkan paru-paru. Bėbėrapa ilmuwan mėnyampaikan bahwa bėbėrapa bahan dalam rėsėp ini bahkan bisa mėncėgah kankėr. Jadi janganlah tunda! Awalilah untuk bėrsihkan paru-paru Anda dėngan rėsėp ini.

Bahan:

1 potong kėcil jahė
2 sdt kunyit bubuk
1 litėr air
400 gram bawang putih (dikupas sėrta dipotong jadi ėmpat)
400 gram gula

Cara pėmbuatan:

Tuangkan air kė wadah yang pas, panaskan di atas api sėrta tambahkan gula. Sėsudah mulai mėndidih, tambahkan bawang putih, jahė parut sėrta kunyit. Tunggulah hingga mėndidih ramuan tėrsėbut dan tinggal sėtėngah bagian. Lantas angkat sėrta dinginkan hingga suhu kamar (diangin-anginkan). Jangan langsung didinginkan di lėmari ės. Bolėh disimpan di kulkas sėtėlah bėnar-bėnar dingin.

Cara pėmakaian:

Minumlah 2 sėndok makan kombinasi ini pada pagi hari pada saat pėrut kosong sėrta pada malam hari 2 sėndok makan sėsudah makan.

Sumbėr : sėdoot