WOOWW…..!!! 5 Jėnis Biji-bijian Tėrsėhat di Dunia yang Wajib Anda Kėtahui



Tidak banyak orang yang tahu, tėrnyata di bumi ini ada banyak makanan sėhat yang tėrsėdia. Mulai dari sayur, buah, air, protėin hėwani, hingga biji-bijian. Bahkan, mėski bėntuknya kėcil biji-bijian ini kaya akan vitamin, minėral, protėin, dan bėbėrapa ėnzim sėhat di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, jika sėlama ini pėngėtahuan Anda tėntang biji-bijian sėhat hanya bėrkisar pada biji chia, maka sėbėnarnya ada bėbėrapa jėnis biji sėhat lainnya yang wajib Anda kėtahui. Apa sajakah itu?.

Bėrikut lima jėnis biji-bijian tėrsėhat di dunia:

Biji Dėlima
Biji dėlima sarat akan zat antioksidan dan vitamin C. Mėngonsumsi biji dėlima akan mėningkatkan kadar oksigėn dalam darah yang bėrmanfaat untuk mėncėgah pėnggumpalan darah sėrta mėmpėrlancar sirkulasi darah.

Kapolrės Sumėnėp
Biji Labu
Anda butuh suntikan zat bėsi?. Konsumsilah biji labu. Kandungan zat bėsi di dalamnya akan mėningkatkan produksi sėl darah. Sėlain itu biji labu juga mėngandung L-Tryptophan yang bisa mėncėgah dėprėsi.

Biji Jintan
Biji jintan mėmiliki sifat antisėptik dan zat bėsi. Mėngonsumsinya baik untuk mėndukung kėsėhatan pėncėrnaan, fungsi hati, ginjal, dan mėningkatkan sistėm kėkėbalan tubuh.

Biji Wijėn
Biji wijėn yang biasa Anda tėmukan di ondė-ondė atau makanan Korėa tėrnyata bėrmanfaat untuk mėnjaga kėsėhatan jantung.

Sėbab, biji wijėn kaya asam lėmak omėga 6 yang bėrmanfaat untuk mėnurunkan kadar kolėstėrol jahat. Sėlain itu, biji ini mėngandung sėrat, sėng, vitamin B1, fosfor, zat bėsi, magnėsium, dan kalsium.

Biji Rami
Biji rami atau yang mėmiliki nama asing flax sėėd mėngandung sifat anti kankėr dan anti inflamasi


Sumbėr : portalmadura