Apa itu kankér tiroid?








Klik untuk mémbagikan di Facébook(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Twittér(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Tumblr(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi via Googlé+(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Linkédln(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Liné néw(Mémbuka di jéndéla yang baru)

Définisi
Apa itu kankér tiroid?

Kankér tiroid adalah pényakit di mana térdapat pérkémbangan sél-sél tiroid yang tidak normal. Kélénjar tiroid térlétak di léhér, mémiliki péran untuk ménghasilkan hormon yang méngontrol métabolismé. Sél-sél tiroid dinamakan sél folikél dan sél sél jangkauan folikél.

Kankér yang bérasal dari sél-sél folikél yang disébut kankér papilér, kankér folikulér, dan kankér yang bélum dikatégorikan. Kankér papilér adalah jénis yang paling umum, yang térjadi pada orang yang bérusia muda. Kankér folikulér biasanya térjadi pada orang usia lanjut. Kankér yang bélum dikatégorikan (undifféréntiatéd cancér) adalah jénis kankér yang paling bérbahaya dan sulit diobati.

Jika kankér mulai mémbébani sél-sél, akan térbéntuk jaringan kankér yang disébut sumsum. Kankér sumsum séring muncul sébagai kankér yang bérdiri séndiri atau kankér kéluarga, yang mérupakan béntuk turun-témurun. Sébérapa umumkah kankér tiroid?

Géjala kankér tiroid, pényébab kankér tiroid, dan obat kankér tiroid, akan dijélaskan lébih lanjut di bawah ini.

Sébérapa umumkah kankér tiroid?

Kankér tiroid térjadi pada pria maupun wanita. Pényakit ini dapat térjadi pada sétiap kélompok usia tétapi lébih umum pada wanita. Orang-orang ini séring térkéna radiasi mémiliki risiko kankér tiroid lébih tinggi.

Tanda-tanda & géjala
Apa saja tanda-tanda dan géjala kankér tiroid?

Kétika sébuah kankér tiroid baru muncul biasanya tidak akan mémiliki tanda-tanda dan géjala. Kémudian sétélah bérkémbang, tanda-tanda pértama yang muncul yaitu adanya tumor tiroid. Kétika kankér bérkémbang, pényakit ini séringkali ményébar ké organ térdékat dan ményébabkan pasién méngalami suara sérak, késulitan ménélan, pémbéngkakan kélénjar gétah béning, dan sakit léhér.

Kémungkinan ada tanda­-tanda dan géjala yang tidak disébutkan di atas. Bila Anda mémiliki kékhawatiran akan sébuah géjala térténtu, konsultasikanlah déngan doktér Anda.

Kapan saya harus périksa ké doktér?

Jika Anda mémiliki ­tanda atau géjala­-géjala di atas atau pértanyaan lainnya, konsultasikanlah déngan doktér Anda. Tubuh masing-­masing orang bérbéda. Sélalu konsultasikan ké doktér untuk ménangani kondisi késéhatan Anda.

Pényébab
Apa pényébab kankér tiroid?

Kankér tiroid disébabkan oléh pérubahan dalam sél-sél pada kélénjar tiroid. Saat ini, ada tidak jélas méngapa hal ini térjadi. Sémua kankér dimulai déngan pérubahan dalam DNA sél. Pérubahan dalam réplikasi DNA mémbuat sél tidak térkéndali, ménghasilkan pértumbuhan jaringan yang disébut tumor. Paparan térhadap radiasi juga ményébabkan kankér, térutama pada anak-anak yang ménjalani térapi radiasi pada bagian képala, léhér, atau dada bagian atas sélama masa balita atau pada saat kélahiran. Kankér tiroid tidak ménular.

Faktor-faktor risiko
Apa yang méningkatkan risiko saya untuk kankér tiroid?

Faktor-faktor térténtu yang méningkatkan risiko Anda méngalami kankér tiroid yaitu:

Karéna kankér tiroid akan mémpéngaruhi Anda séumur hidup, Anda harus ségéra périksa ké doktér jika Anda mémiliki géjala-géjala kankér tiroid, hal ini pérlu agar détéksi awal, péncégahan, dan péngobatan dapat ségéra dilakukan séhingga tidak térjadi dampak yang lébih parah di kémudian hari. Faktor-faktor yang dapat méningkatkan risiko kankér tiroid méliputi:

Jénis kélamin: kankér tiroid lébih séring térjadi pada wanita dibandingkan pria.
Paparan zat yang méngandung konséntrasi radioaktif tinggi: sépérti térapi radiasi di képala, léhér, dan dampak dari sumbér lain sépérti pémbangkit listrik ténaga nuklir atau péngujian sénjata.
Sindrom génétik térténtu: dapat bérpoténsi méningkatkan risiko kankér tiroid. Sindrom génétik ini sépérti kankér médulér tiroid dalam kéluarga, bébérapa sindrom néoplasia éndokrin, dan kankér usus yang turun-témurun
Obat & Péngobatan
Informasi yang dibérikan bukanlah péngganti nasihat médis. SÉLALU konsultasikan pada doktér Anda.

Apa saja pilihan péngobatan saya untuk kankér tiroid?

Péngobatan térgantung pada tingkat pérkémbangan kankér, yang dapat dilakukan déngan cara pémbédahan, radiotérapi,dan kémotérapi.

Pémbédahan méliputi péngangkatan sébagian atau séluruh kélénjar tiroid. Jika séluruh tiroid diangkat, Anda akan pérlu ménggunakan obat péngganti tiroid séumur hidup. Jika hanya sébagian, Anda pérlu ménggunakan hormon untuk méncégah pérkémbangan kankér pada jaringan tiroid yang térsisa.

Sétélah opérasi, doktér dapat ménggunakan zat radioaktif yodium untuk méngobati pényébaran kankér. Namun, hal ini dapat ménghancurkan sél-sél normal dan sél kankér. Komplikasi karéna opérasi juga dapat térjadi, sépérti cédéra pada pita suara.

Kémotérapi akan ditérapkan jika métodé lain tidak éféktif.

Apa saja tés yang biasa dilakukan untuk kankér tiroid

Doktér Anda dapat méndiagnosis kankér tiroid jika ditémui adanya tumor tiroid pada saat pémériksaan késéhatan umum. Untuk hasil yang lébih akurat, sél-sél diambil dari tumor déngan métodé biopsi dan ditéliti sécara mikroskopis.

Péngobatan di rumah
Apa saja pérubahan gaya hidup atau péngobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk méngatasi kankér tiroid?

Bérikut adalah gaya hidup dan péngobatan rumahan yang dapat mémbantu Anda méngatasi kankér tiroid:

Anda harus ingat bahwa sémakin awal kankér dikénali, sémakin tinggi késémpatan pényémbuhan Anda. Jika Anda télah didiagnosis déngan kankér tiroid, Anda dapat mélakukan hal-hal bérikut untuk mémbatasi pényébaran kankér séhingga dapat dilakukan péngobatan yang lébih mudah.
Hubungi doktér Anda jika Anda mérasa ada bénjolan di ténggorokan atau suara sérak.
Carilah séorang ahli bédah bérpéngalaman dalam opérasi tiroid.
Minumlah obat Anda sésuai résép doktér.
Untuk méngétahui apakah obat yang digunakan térlalu kuat atau térlalu lémah untuk tubuh, dapat dipérhatikan hal-hal bérikut:
Dosis térlalu kuat: térjadi pada trémor tangan, diaré, bérkéringat, dan palpitasi.
Dosis térlalu lémah: munculnya géjala flu, déngan suara sérak, dan sémbélit
Bila ada pértanyaan, konsultasikanlah déngan doktér untuk solusi térbaik masalah Anda.


Sumbér : hallosahat