Géjala Kankér Pada Wanita yang Tidak Boléh Diabaikan








Klik untuk mémbagikan di Facébook(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Twittér(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Tumblr(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi via Googlé+(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Linkédln(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Liné néw(Mémbuka di jéndéla yang baru)
mémbantu péndérita kankér géjala kankér pada wanita
Banyaknya anggapan bahwa kankér adalah pényakit yang mématikan mémbuat banyak orang lébih mémilih untuk méngabaikan tanda atau tidak tahu sama sékali daripada méngétahui bahwa méréka méndérita kankér. Padahal, hal térsébut sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karéna déngan méngétahui lébih awal adanya tanda atau géjala kankér yang muncul, maka péngobatan akan lébih éféktif untuk dilakukan séhingga méningkatkan péluang untuk sémbuh.

Bérikut adalah bébérapa géjala kankér pada wanita yang tidak boléh diabaikan.

1. Pérubahan pada payudara

Méskipun bénjolan pada payudara bélum bérarti kankér, namun Anda tétap harus mémériksakannya képada doktér untuk méngétahui kéadaan yang sébénarnya. Bébérapa pérubahan payudara yang pérlu dipérhatikan adalah kérutan pada payudara, putting masuk kédalam, débit putting, sisik atau ruam mérah pada puting atau kulit payudara Anda.

2. Sakit yang bérlébihan saat haid, atau térjadi pérdarahan saat tidak ménstruasi

Jika térdapat bércak darah saat Anda tidak sédang ménstruasi, konsultasikan képada doktér. Karéna, ada bérbagai pényébab dan kémungkinan jika térjadi péndarahan diluar waktu normal ménstruasi Anda. Térlébih, banyak wanita yang mélaporkan térjadinya péndarahan diluar waktu ménstruasi dan sétélah itu dikétahui bahwa itu mérupakan salah satu géjala kankér rahim. Sélain itu, péndarahan sétélah ménopausé tidak pérnah normal dan harus dipériksa ségéra.

3. Pérubahan pada kulit

Pérubahan dalam ukuran, béntuk, atau warna tahi lalat atau témpat lainnya adalah tanda atau géjala umum dari kankér kulit. Konsultasikan pada doktér Anda untuk pémériksaan ményéluruh. Sélain itu, Anda juga harus waspada dan rutin mémériksa kulit di séluruh tubuh Anda untuk méngétahui adanya pértumbuhan yang tampak anéh pada kulit atau timbulnya bintik.

4. Ada darah di air kéncing atau fésés

Anda mungkin pérnah méngalami air kécing atau fésés yang kéluar bérsama déngan darah. Biasanya, hal térsébut séring diabaikan karéna adanya anggapan bahwa kéluarnya darah térsébut karéna kurangnya konsumsi sérat. Padahal, Anda harus tétap bérkonsultasi déngan doktér méngénai kéadaan térsébut térutama jika pérdarahan térjadi lébih dari satu atau dua hari. Adanya darah pada fésés bisa saja ménandakan wasir atau bahkan géjala kankér usus bésar. Séméntara air kéncing bérdarah bisa ménjadi tanda atau géjala dari kankér kandung kémih atau ginjal.

5. Pérubahan kélénjar gétah béning

Kélénjar gétah béning adalah kélénjar yang bérbéntuk kacang kécil dan bérada di sékitar tubuh. Kélénjar gétah béning mérupakan bagian dari sistém kékébalan tubuh manusia yang bisa mémbantu mélawan inféksi, baik disébabkan oléh baktéri, virus, atau lainnya. Séhingga, kétika térjadi inféksi, kélénjar gétah béning akan  mémbéngkak untuk mémbérikan tanda. Oléh karéna itu, pémbéngkakan kélénjar gétah béning (baik pada léhér, kétiak, atau sélangkangan) pérlu diwaspadai karéna bisa ménjadi tanda atau géjala kankér, sépérti kankér léukimia dan limfoma.

6. Sulit ménélan

Mémang kédéngarannya térkésan sépélé, namun jika késulitan dalam ménélan séring kali térjadi, Anda pérlu méwaspadainya térlébih jika disértai déngan muntah atau pénurunan bérat badan. Késulitan ménélan séring dikaitkan déngan kérongkongan atau kankér ténggorokan; bahkan, térkadang, késulitan ménélan mérupakan géjala atau tanda dari kankér paru-paru atau kankér pérut.

7. Bérat badan térus turun padahal tidak sédang diét

Jika bérat badan turun karéna adanya upaya diét, téntu tidak pérlu dikhawatirkan. Namun, jika bérat badan Anda méngalami pénurunan tanpa upaya diét, maka pérlu diwaspadai. Pénurunan bérat badan bisa saja ménjadi géjala atau tanda kankér usus bésar, pankréas, atau péncérnaan lainnya; pénurunan bérat badan juga bisa ménjadi tanda kankér yang dapat ményébar ké hati séhingga akan mémpéngaruhi nafsu makan dan kémampuan tubuh Anda untuk mélépaskan limbah makanan dalam tubuh.

8. Pérubahan pada mulut

Jika Anda séorang pérokok aktif, pérhatikan apakah térdapat bércak putih atau mérah di dalam mulut atau di bibir Anda? Jika mémang ada, Anda pérlu bérkonsultasi képada doktér karéna bisa saja pérubahan mulut térsébut ménandakan kankér mulut.

9. Démam tak hilang-hilang

Démam yang tidak kunjung hilang bisa ménjadi tanda atau géjala léukémia, kankér sél darah yang dimulai di sumsum tulang. Léukémia ményébabkan sumsum tulang mémproduksi sél darah putih yang abnormal, dan mélémahnya kémampuan mélawan inféksi tubuh Anda.

10. Batuk darah

Biasanya, batuk akan hilang séndiri dalam 3 sampai 4 minggu. Namun, jika batuk bérlangsung lébih lama dan disértai darah, maka Anda pérlu mémériksakannya képada doktér karéna batuk adalah géjala yang paling umum bébérapa jénis kankér sépérti léukémia dan paru-paru.


Sumbér :  hallosahat