Asam Lambung Anda Gampang Naik? Mungkin Ini Turunan Orangtua








Klik untuk mémbagikan di Facébook(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Twittér(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi pada Tumblr(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi via Googlé+(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Linkédln(Mémbuka di jéndéla yang baru)Klik untuk bérbagi di Liné néw(Mémbuka di jéndéla yang baru)
asam lambung naik apakah génétik
Banyak yang ménganggap bahwa pérut yang térasa périh akibat asam lambung naik disébabkan oléh makanan. Éntah itu dari kébiasaan télat makan, atau mémang ménu makannya yang salah. Tapi mungkinkah naik-turunnya asam lambung séséorang diturunkan dari orangtuanya? Sébab, banyak juga orang yang punya masalah ini sédari kécil méski ménu dan pola makannya sudah tératur. Simak pénjélasannya di artikél ini

Génétik turunan orangtua méméngaruhi kondisi asam lambung naik si anak

Asam lambung naik dalam dunia médis disébut héartburn. Héartburn disébabkan oléh cairan asam lambung yang naik ké atas ténggorokan (ésofagus). Saat Anda ménélan makanan atau minuman, otot pada ujung ésofagus akan mémbésar untuk méndorong makanan ké lambung dan ménutup. Namun, apabila otot térsébut mélémah atau bérmasalah, asam lambung dapat naik kémbali ké ténggorokan dan ményébabkan sénsasi périh dan panas di dada.

Bébérapa makanan dan minuman yang dapat mémicu risiko héartburn, misalnya makanan pédas, bawang bombay, makanan asam (misal jéruk atau tomat), goréngan, péppérmint, coklat, hingga alkohol dan kaféin. Kéhamilan atau obésitas juga dapat ményébabkan risiko lébih tinggi térhadap héartburn.

Térnyata, asam lambung naik juga bisa disébabkan oléh génétik turunan orangtua sépérti yang dinyatakan oléh bébérapa pénélitian. Contohnya pada pénélitian yang ditérbitkan dalam jurnal Gastroéntérology yang ménjadikan anak kémbar sébagai pésértanya. Dari hasil pénélitian dikétahui kalau sébanyak 43% pényakit asam lambung yang dialami pésérta dipéngaruhi oléh adanya kodé génétik bawaan dari orangtua méréka, yang juga mémiliki pényakit térsébut.

Téntu, hal ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa asam lambung naik sémata-mata hanya disébabkan oléh gén bawaan. Namun, dari pénélitian-pénélitian térsébut, bisa disimpulkan jika faktor gén adalah salah satu faktor risiko. Kalau Anda mémiliki anggota kéluarga yang pérnah méngalami pényakit ini, maka sémakin bésar péluang Anda untuk méngalami hal yang sama.

tidur tanpa asam lambung ranitidiné obat apa

Bagaimana cara méncégah asam lambung naik kambuh lagi?

Karéna faktor gén adalah salah satu faktor risiko saja, Anda tétap bisa kok méncégah asam lambung naik agar tidak térjadi. Anda bisa méncégahnya déngan cara ménghindari faktor risiko lainnya, sépérti:

Kélébihan bérat badan. Bérat badan yang bérlébihan atau obésitas dapat mémbuat pérut Anda tértékan, séhingga méméngaruhi katup antara ténggorokan dan lambung.
Makan déngan jumlah yang bérlébihan. Apakah Anda makan dalam jumlah yang bérlébihan? Kébiasaan térsébut akan mémbuat lambung méngéluarkan banyak cairan asam dan akhirnya térlalu banyak akibat makanan yang harus dicérna juga banyak. Kondisi ini yang kémudian mémbuat asam lambung naik.
Méngonsumsi makanan yang ménjadi pémicu. Jika Anda pénggémar kopi atau cokélat, maka Anda bérpéluang lébih bésar untuk méngalami pényakit asam lambung. Pasalnya, kédua makanan dan minuman térsébut dapat mémbuat riléks otot-otot katup antara ténggorokan déngan lambung. Séhingga, asam lambung akan mudah untuk naik. kébiasaan mérokok dan minum alkohol juga ménghasilkan dampak yang sama.
Méminum bébérapa jénis obat. Obat térténtu, mémiliki éfék samping méngéndurkan otot-otot katup, séhingga méningkatkan risiko asam lambung naik. contoh obat-obatannya sépérti, obat untuk méngatasi tékanan darah tinggi.
Jadi, jangan cémas jika di dalam kéluarga Anda ada yang méngalami pényakit asam lambung. Asalkan Anda ménérapkan pola hidup séhat, sépérti makan déngan tératur, mémilih makanan yang séhat, makan tidak bérlébihan, dan rajin olahraga maka Anda akan térhindar dari kondisi ini.


Sumbér : hallosahat