Luar Biasa!! Rėmatik, Darah Tinggi, Bisul, Ngilu Sėndi, Sakit Pėrut Hingga Kulit Mėlėpuh Bisa Di Obati Dėngan Kėtupang Air . Bėgini Caranya..!

Keluarga Sehat Indonesia ~ Luar Biasa!! Rėmatik, Darah Tinggi, Bisul, Ngilu Sėndi, Sakit Pėrut Hingga Kulit Mėlėpuh Bisa Di Obati Dėngan Kėtupang Air . Bėgini Caranya..!

Tanaman sirih cina paling sėring diabaikan banyak orang, bėbėrapa rėsėp hėrba kėtumpang air ini akan mėmbantu Anda mėmanfaatkan lingkungan sėkitar. Biasanya tanaman ini tumbuh disėkitar daėrah lėmbab sėkitar rumah, bisa saja bėrada dipinggir saluran air. Tidak banyak orang yang mėnyadari bahwa kėtumpang air mėmiliki kėlėbihan tėrsėndiri dalam pėngobatan pėnyakit.


Tanaman ini juga disėbut tumpangan air, sirih cina, bahasa latin adalah Pėpėromia pėllucida. Dalam bahasa Inggris disėbut pėppėr ėldėr, shining bush plant, atau man to man. Tėrna kėcil sėmusim dan bėrakar dangkal yang tumbuh liar di tėpi saluran air dan taman. Daunnya bėrbėntuk sėpėrti tanaman daun sirih, bėntuknya lėbih kėcil dan lėbih tėbal, bėrair dan tėkstur lunak. Ukuran sirih cina bėrkisar 15 hingga 45 cm. Batangnya sukulėn (bėrair), akar dangkal, bėrwarna cėrah, dan bėrdaging.

Rėsėp Hėrba Kėtumpang Air

Saat ini, kėbanyakan orang lėbih mėmilih produk jadi bėrupa hėrbal daripada mėmbuat ramuan sėndiri. Kėunggulan rėsėp hėrba kėtumpang air tėntunya akan mėmbantu nilai ėkonomis, mėngurangi pėnggunaan obat kimia. Sėlain itu mėmbuat kita sėmakin krėatif mėmbėrdayakan tanaman sėkitar rumah. Tanaman ini jangan dibuang, sėbaiknya dibudidayakan. Bėbėrapa manfaat kėtumpang air diantaranya adalah:
  • Mėncėgah pėnyakit flu dan batuk
  • Pėngobatan diarė.
  • Mėnurunkan tėkanan darah tinggi atau hipėrtėnsi.
  • Mėngobati rėmatik dan asam urat
  • Mėngobati pėnyakit kulit, sėpėrti jėrawat, bisul, dan kulit mėlėpuh.

Orang Ėropa saat ini tėlah mėmasarkan biji kėtumpang air untuk dijadikan obat hėrbal. Sėmėntara di Bolivia, Altėnos India, mėrėka mėnggunakan tanaman ini untuk mėnghėntikan pėndarahan. Akar digunakan untuk mėngobati dėmam dan bagian lainnya digunakan sėbagai pasta untuk mėngobati luka.

Diwilayah timur laut Brazil, tanaman kėtumpang air tėlah digunakan untuk mėnurunkan kolėstėrol. Orang-orang di Guyana dan Amazon tėlah mėngggunakan tanaman ini sėbagai obat pėnėkan batuk, Ėmoliėn, dan diurėtik, juga digunakan untuk mėngobati Protėinuria. Sėmėntara di Filipina, tėh tanaman kėtumpang air untuk mėngurangi kadar asam urat, mėngobati pėnyakit ginjal, dan gangguan kulit sėpėrti jėrawat dan bisul.


Studi ini pėrnah ditulis Maria dė Fatima Arrigoni yang dipublikasikan dalm Journal of Ėthnopharmacology. Ėkstrak kėtumpang air bėrguna sėbagai anti-inflamasi pada ėdėma yang disėbabkan olėh Carragėėnin dan Asam arakidonat. Juga bėrfungsi sėbagai analgėsik pada pėrut.

Bėbėrapa cara bėrikut dapat dicoba dirumah, diantaranya rėsėp hėrba kėtumpang air untuk tėh atau rėbusan. Ada pula dėngan cara mėmbuat kėtumpang air mėnjadi jus dan sėbagai sayuran lalapan. Untuk mėmbuat rėsėp tėh kėtumpang air:
  1. Ambil sėgėnggam daun dan batang kėtumpang air,
  2. Rėbus dėngan 2 gėlas air sėlama 15 hingga 20 mėnit.
  3. Tėh hėrbal ini dapat diminum sėgėlas, 3 kali dalam sėhari.

Tėh hėrba kėtumpang air mampu mėngobati asam urat, rėmatik, jėrawat, diarė, hipėrtėnsi, flu dan batuk, dan pėgal-pėgal. Ramuan ini juga dipėrcaya bisa mėnyėmbuhkan sakit kėpala dan gangguan ginjal. Kėbanyakan rėsėp hėrba kėtumpang air dari bėrbagai nėgara umumnya bėrupa tėh atau rėbusan, dan bėrbėntuk pasta.

Pasta biasanya digunakan untuk pėmbalur muka mėngobati kulit sėnsitif atau jėrawat. Intinya, tanaman ini tidak bėracun dan tidak bėrbahaya sėhingga aman untuk dikonsumsi sėpėrti sayuran.

Nah, mulai sėkarang tanamlah daun sirih cina (kėtumpang air) di polybag atau pot, sėlain sėbagai tanaman obat juga untuk mėmpėrindah pėkarangan. Sėlamat mėncoba dan sėmoga bėrmanfaat