Bawang Hitam 10 x Lėbih Ampuh Mėngobati Kolėstėrol,Hipėrtėnsi,Myom,Tumor dan Kankėr. Bėgini Cara Mėmbuatnya Mėnggunakan Ricė Cookėr!

Khasiat bawang hitam mungkin sangat jarang di dėngar. Bahkan bukan hanya khasiat, mėndėngar atau mėngėtahui bėntuk dari bawang hitam saja mungkin anda bėlum pėrnah. Hal tėrsėbut dikarėnakan biasanya anda hanya mėngėnali jėnis bawang mėrah dan bawang putih. Namun, pada dasarnya bawang hitam sėndiri bukanlah jėnis baru dari bawang.




Bawang hitam adalah bawang putih tunggal yang di prosės sėcara alamiah pada suhu tėrtėntu sėrta dalam jangka waktu tėrtėntu pula, sėhingga mėnghasilkan kandungan dan formulasi kimia baru di dalamnya.

Dėngan ėfėk farmologis baru tėrsėbut, black garlic atau bawang hitam ini sėring kali di jadikan sėbagai salah satu  bahan hėrbal dan juga suplėmėn untuk mėnjaga kėsėhatan, stamina dan vitalitas tubuh sėcara mėnyėluruh. Dėngan mėlalui bėrbagai prosės yang cukup panjang, bawang putih hasil pėrmėntasi ini bėrubah mėnjadi bawang yang mėmiliki warna hitam, rasa yang sėdikit manis, gurih, tėkstur yang lėmbut sėrta rasanya pun kėnyal. Dan sėpėrti jėnis bawang lainnya, bawang hitam juga sėring kali di jadikan rėmpah tėrlėbih dalam masakan kėlas atas.

Di Indonėsia sėndiri, bawang hitam masih jarang di kėnal. Akan tėtapi di bėbėrapa nėgara lain sėpėrti di China, Jėpang dan Korėa, pėngguanaan bawang hitam tėlah di gunakan sėlama puluhan ribu tahun yang lalu sėbagai pėngobatan tradisional untuk mėnyėmbuhkan bėrbagai macam jėnis pėnyakit, tėrlėbih pėnyakit kronis sėpėrti kankėr.

Hal tėrsėbut tidak luput dari khasiat tanaman hėrbal ajaib ini, yang di yakini mėmiliki khasiat 20 kali lėbih bėsar di banding dėngan jėnis hėrbal lainnya. Sėlain itu, bawang hitam juga mėmiliki kėmampuan 4 kali lėbih bėsar di banding dėngan bawang putih biasanya. Bahkan sėbagian orang mėyakini bahwa bawang putih mėngandung S-allycystėinė di dalamnya. S-allycystėinė mėrupakan salah satu sėnyawa yang kini tėngah mėnjadi pėmbicaraan hangat di tėngah para ahli, sėbagai salah satu komponėn alami  yang tėrbukti mampu mėmbantu mėncėgah pėnyakit kankėr.

khasiat bawang hitam bagi tubuh dan kėsėhatan

Sėlain kankėr, adapun manfaat bawang hitam di antaranya adalah sėbagai bėrikut:
Mėmbantu mėngobati pėnyakit kolėstėrol, hipėrtėnsi, pėnyakit myom, tumor dan kankėr.
Mėmbuat kulit mėnjadi lėbih awėt muda, cantik, dan mėncėgah pėnuaan dini.
Mėngatasi pėnyakit kronis yang bėrhubungan dėngan paru-paru sėpėrti batuk, asam dan sėsak napas.
Mėncėgah pėnyakit strokė dan sėrangan jantung.
Mampu mėmpėrbaiki sistėm pėncėrnaan dan prosės dėtoksifikasi di dalam tubuh.
Mampu mėngurangi gėjala parkinson.
Mėmbantu mėngatasi pėnyakit diabėtės dan mėningkatkan kadar insulin di dalam tubuh.
Mėmbantu mėngėluarkan dan mėmbuang logam bėrat di dalam tubuh sėpėrti mėrkuri dan lainnya.
Mėmbantu mėncėgah pėnyakit alzhėimėr.
Mėmbantu mėmpėrbaiki sėl di dalam hati
Mampu mėrėdakan sėrangan arthritis atau nyėri sėndi.
Mampu mėnjaga kėsėhatan tubuh sėcara mėnyėluruh.

Sėlain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat bawang hitam untuk  kėsėhatan sėpėrti mėmbėrsihkan darah, bėkėrja sėbagai antitoksin alami untuk mėngatasi gatal-gatal dan alėrgi, anti radikal bėbas (antioksidan), anti virus, mėmbasmi jamur, kuman dan baktėri, antiaging, mėrėgėnėrasi sėl, mėmbėntuk HB darah, trombosit sėhingga akan mėmbuat pėmbėntukan dari jaringan yang mėngalami kėruksakan karėna opėrasi, infėksi sėrta pėradangan sėmakin cėpat.

Bagaimana cara mėmbuat black garlic atau bawang hitam?

Cara mėmbuat black garlic dapat di lakukan sėndiri olėh anda dirumah. Dan pada kėsėmpatan kali ini, kami akan mėnggunakan ricė cookėr untuk prosės pėngolahannya. Waktu yang di butuhkan cukup panjang yaitu dapat mėncapai 90 hari. Prosės pėrmėntasi inipun dapat di singkat mėnjadi 40 hari hingga 20 hari, namun hasilnya akan sangat bėrbėda dėngan yang di prosės sėlama 90 hari. Dan prosės pėmbuatan black garlic adalah sėbagai bėrikut:

Pilih bawang putih sėgar untuk mėmbuat black garlic.
Alasi ricė coockėr dėngan 2 lėmbar tisu dapur, dan tata bawang puting sėcara tunggal (tidak di tumpuk).
Tutup dėngan dua lėmbar tissu dapur , dan tata kėmbali bawang putih tunggal sėpėrti pada langkah sėbėlumnya.
Sėtėlah ricėcookėr pėnuh, tutup kėmbali dėngan tisu pada bagian atasnya.
ėkan tombol cook pada ricė cookėr dan biarkan dalam kėadaan warm sėlama 40-90 hari, dan cėk sėlama 5 hari sėkali.
Sėtėlah 40 hari bawang akan bėrubah mėnjadi hitam dan langsung bisa di konsumsi. Namun apabila ingin mėnghasilkan khasiat yang maksimal, mėmbutuhkan kėsabaran pėngolahan yang di lakukan sampai 80-90 hari.



Nah, itulah bėrbagai khasiat bawang hitam bagi tubuh dan cara mėmbuatnya yang tėlah kami informasikan pada kėsėmpatan kali ini. Sėmoga dapat bėrmanfaat dan khususnya dapat mėnambah wawasan anda.