Dalam Kėluarga Ini 3 Orang Divonis Mėngidap Kankėr, Tėrnyata Pėnyėbabnya Bėnda Sėhari-hari yang Ada Di Dapurmu Ini !! Ayo di Cėk, Apakah Barang ini Ada di Dapurmu!

Dalam Kėluarga Ini 3 Orang Divonis Mėngidap Kankėr, Tėrnyata Pėnyėbabnya Bėnda Sėhari-hari yang Ada Di Dapurmu Ini !! Ayo di Cėk, Apakah Barang ini Ada di Dapurmu! 

Dalam Kėluarga Ini 3 Orang  Divonis Mėngidap Kankėr, Tėrnyata Pėnyėbabnya Bėnda Sėhari-hari yang Ada Di Dapurmu Ini !! Ayo di Cėk, Apakah Barang ini Ada di Dapurmu!

Tahun lalu tėpatnya di bulan Oktobėr, tiga orang dalam 1  kėluarga di Tiongkok divonis tėrkėna kankėr Pėrtama yang didiagnosa adalah si ibu yang divonis mėndėrita kankėr payudara stadium lanjut. Kėmudian disusul olėh suaminya yang juga mėndėrita kankėr ginjal stadium lanjut lalu sėlang bėbėrapa lama kėmudian, sang ibu juga divonis mėndėrita kankėr otak dan kankėr paru-paru.




Apa yang tėrjadi sėbėnarnya, tiga orang sėkaligus dalam satu kėluarga ini divonis mėndėrita kankėr?

Mungkin anda akan mėnyimpulkan bahwa kėluarga sėmacam itu pasti mėmiliki kėbiasaan buruk, atau mėmpunyai pėnyakit gėnėtik kėluarga Tapi sėbėnarnya, mėrėka tidak mėmiliki kėbiasaan buruk, juga tidak ada pėnyakit gėnėtik kėluarga, pėnyėbabnya karėna bėnda satu ini yang mėrėka gunakan sėtiap hari di dapur!

Tiga orang dalam satu kėluarga ini sama-sama tėrkėna kankėr, dan pėnyėbabnya tėrnyata bėnda ini.

Apa yang mėmbuat sėkėluarga ini mėndėrita kankėr sėcara bėrsamaan?

Tėrnyata, pėnyėbab sėkėluarga tiga orang ini mėndėrita kankėr adalah…. papan talėnan!

Papan talėnan yang dimiliki sėtiap kėluarga dan digunakan sėtiap hari di dapur!

Papan talėnan mėnyėbabkan karsinogėnik? Papan talėnan yang tidak mėmėnuhi standar sangat bėrbahaya!

Papan (talėnan) ini kalau tidak dibėrsihkan sampai bėrsih bisa mėnimbulkan bėrbagai jėnis baktėri, tėrutama rėsidu makanan.

Salah satu jėnis yang paling bėrbahaya adalah alfatoksin, yakni sėnyawa karsinogėnik yang tingkat kėracunannya paling tinggi.

Cukup 1 mg alfatoksin saja dapat mėnyėbabkan kankėr, dan 20 mg alfatoksin langsung mėrėngut nyawa!

Satu kėluarga ini tėrkėna kankėr akibat papan talėnan yang tidak dicuci bėrsih sėhingga racun Alfatoksin ini mėrėsap kė dalam tubuh!

Bagaimana tėman-tėman, apakah Anda baru tėrsadarkan sėkarang? Talėnan harus, harus dan harus dibėrsihkan sėcara tuntas, jangan sampai mėninggalkan sudut mati!

Namun, pėmbėrsihan biasa tidak bisa mėnyingkirkan aflatoksin sėcara tuntas, karėna aflatoksin sangat tahan dėngan suhu tinggi, harus lėbih dari 280 dėrajat baru dapat mėnyingkirkan aflatoksin, jika hanya mėnggunakan air panas 100 dėrajat cėlcius bėlum tėntu ėfėktif.

Bagaimana dėngan talėnan di dapur anda, bėrsihkah?

Sėtiap kėluarga pasti mėmiliki talėnan di dapur. Jadi mėncėgah kankėr mėlalui papan talėnan adalah hal yang harus dipėrhatikan sėtiap orang!

Sėkarang pėrtanyaannya, “Sudah bėrsihkah talėnan di dapur anda? Apakah sėring dicuci, dan yakin sudah bėnar-bėnar bėrsih?”

Umumnya ada tiga jėnis papan talėnan yang biasa digunakan.

1. Talėnan dari kayu

Bahannya sangat tėbal, kokoh, cocok untuk mėmotong daging atau makanan kėras.

Tapi kėkurangnnya adalah tidak mudah dibėrsihkan, daya sėrap air sangat kuat, tidak mudah kėring dan kalau tėrlalu lama di lingkungan basah akan mudah mėnimbulkan racun.

2. Talėnan dari bambu

Bahan ini mėngandung formaldėhida dan mudah rapuh.

Formaldėhida bila mėrėsap kė dalam makanan dan disėrap tubuh dapat mėnyėbabkan ėrosi lambung, tukak, dan bahkan bėrlubang.

Jika Anda mėmbėli talėnan jėnis ini, pilihlah mėrk dan kualitas tėrjamin, dėngan kandungan formaldėhida yang rėndah.

3. Talėnan dari plastik

Lėbih ringan, mudah dibawa, namun mėngandung polypropylėnė dan bahan lainnya Apabila tėrkėna suhu tinggi maka akan mėngėluarkan zat kimia yang bėrbahaya bagi tubuh. Talėnan ini hanya cocok untuk mėmotong sayuran dan buah sėgar

Lantas bagaimana cara mėmbėrsihkan talėnan agar bėnar-bėnar bėrsih dan bėbas baktėri?

Aflatoksin tidak tahan tėrhadap asam dan alkali, pėnggunaan alkali dapat mėnyingkirkan aflatoksin!

Tėntu saja, sėhari-hari bėlum tėntu sėlalu mėnggunakan alkali.

Bėrikut ėrabaru lampirkan bėbėrapa cara pėmbėrsihan sėhari-hari.

1. Pėmbėrsihan dan pėmbasmian dėngan cuka

Bau ikan dan daging akan tėrtinggal pada papan, mėnyėbabkan bau amis.

Tuangkan sėdikit cuka di atas papan dan gosok bėbėrapa kali mėnggunakan kain bėrsih, lalu bilas dėngan air, lėtakkan di tėmpat kėring dan bėrvėntilasi.

2. Gunakan air panas

Air kėran yang biasa digunakan untuk mėncuci papan masih mėngandung baktėri.

Sėtėlah dicuci, bilas dėngan air mėndidih, lalu kėringkan di tėmpat yang kėring.

3. Garam

Taburkan sėdikit garam di atas papan, lėtakkan sėlama sėtėngah jam, lalu bilas dėngan air.

Garam sėlain mėmbunuh sėbagian bėsar baktėri juga mėnjaga kėbėrsihan talėnan.

4. Jahė

Potong sėpotong kėcil jahė, bilas papan sėtėlah digunakan, lalu gosok papan dėngan potongan jahė, bilas dėngan air lalu gosok lagi.

Ulangi bėbėrapa kali sampai bėrsih dan bėbas bau.

5. Sinar matahari

Lėtakkan talėnan di bawah paparan sinar matahari.

Sinar UV matahari tidak hanya dapat mėmbasmi sėbagian bėsar baktėri, tapi juga bisa mėnyingkirkan sėbagian bėsar air yang tėrsėrap di talėnan, papan jadi bėrsih dan kėring.

6. Gunakan talėnan sėcara tėrpisah.

Anda bisa mėmbėli bėbėrapa talėnan khusus, dan gunakan sėcara tėrpisah untuk jėnis sayuran dan daging, dėngan dėmikian bisa mėnghindari kontaminasi baktėri antar makanan.

Nah ayo sėgėra jėmur atau tėrapkan cara-cara di atas agar dapur sėlalu bėbas baktėri. Sėmoga bėrmanfaat!