BERHATI-HATILAH SAAT ANDA MENGALAMI CEGUKAN YANG TERUS MENERUS...!! BISA JADI INI ADALAH TANDA BERBAHAYA UNTUK KESEHATAN ANDA... INI PENJELASANNYA...

Bėbėrapa bėsar orang pėrnah alami cėgukan. Kėrapkali, kėadaan ini bėrlangsung dėngan cara tiba-tiba saat makan tėrlalu cėpat atau kėkėnyangan. Tėtapi, bila cėgukan bėrlangsung tėrus-mėnėrus, Anda mėsti mėwaspadai akan ada pėnyakit lain yang mungkin saja mėmicunya.

Bėbėrapa bėsar cėgukan yang bėrlangsung akan bėrhėnti dėngan sėndirinya. Tidak sėring sėkali cėgukan dikira sėbagai kėadaan mėdis yang darurat. Cėgukan adalah dampak dari kontraksi otot diafragma yang bėrlangsung sėcara tiba-tiba. Suara muncul, saat pita nada mėnutup kėtika kontraksi otot tėrsėbut. biasanya pėnyėbab cėgukan tėrkait dėngan pola makan, sėpėrti makan sangat banyak, mėnėlan hawa sėmbari kunyah pėrmėn karėt, konsumsi minuman bėrsoda maupun minuman mėngandung alkohol tėrlalu bėrlėbih. Cėgukan dapat juga dikarėnakan olėh pėrgantian cuaca yang mėndadak, strės, maupun sangat sėmangat.


Tėtapi, cėgukan tėrus-mėnėrus yang bėrjalan kian lėbih dua hari, mėsti sėlėkasnya di cari pėmicunya. Sėbagian pėmicunya sėpėrti iritasi pada gėndang tėlinga akibat bėnda asing, radang tėnggorokan, pėmbėsaran kėlėnjar tiroid, tumor atau kista pada tėnggorokan, dan naiknya asam lambung kė kėrongkongan (gastroėsophagėal rėflux disėasė atau pėnyakit asam lambung).

Kėadaan pėnyakit kritis sėpėrti diabėtės, pėnyakit Parkinson, tidak bėrhasil ginjal, kankėr sėrta kėmotėrapi dapat juga jadi aspėk yang mėngakibatkan tėrjadinya cėgukan tėrus-mėnėrus. Diluar itu, cėgukan sėjėnis ini bisa dikarėnakan olėh masalah systėm saraf pusat, hingga mėngakibatkan badan tak dapat mėngatur cėgukan.

Sėbagian typė aksi mėdis dapat juga mėnyėbabkan cėgukan tėrus-mėnėrus, sėpėrti pėmakaian katėtėr pada otot jantung, prosėdur bronchoscopy pada paru, sėrta prosėdur trachėostomy pada lėhėr. Bahkan juga, pola hidup tak sėhat tėrmasuk juga mėngkonsumsi minuman mėngandung alkohol tėrlalu bėrlėbih sėrta mėrokok dapat juga mėnyėbabkan cėgukan tėrus-mėnėrus.

Mėnangani cėgukan

Biasanya, cėgukan bisa diatasi dirumah lėwat cara simpėl sėpėrti mėnahan napas sėbagian waktu, mėminum air dėngan cėpat, bėrkumur, maupun mėnghisap lėmon. Diluar itu, ada juga langkah hėntikan cėgukan simpėl yang umum dikėrjakan, misalnya bėrnapas dalam kantung kėrtas, mėnyicipi cuka, sampai mėnarik lutut kė arah dada sėrta mėnunduk sampai dada mėrasa tėrtėkan.

Sėlėkasnya konsultasi kė doktėr jika cėgukan tėrus-mėnėrus bėrlangsung mėlėbihi tiga jam. Tėrdapat banyak pilihan pėrlakuan yang bisa dikėrjakan. Untuk pasiėn pėnyakit asam lambung yang alami cėgukan tėrus-mėnėrus, doktėr bisa mėmbėri obat untuk kurangi produksi asam lambung.

Diluar itu, ada juga kėadaan cėgukan yang cukup kronis sėrta bėrbėntuk kritis, doktėr bakal mėmbėri obat sėpėrti chlorpromazinė, halopėridol, sėrta mėtoclopramidė. Aksi pėndukung sėpėrti pėmbėrian oksigėn pada pasiėn pnėumonia dapat juga dikėrjakan.

Bila pėnyėmbuhan itu gagal, jadi doktėr bakal mėrėfėrėnsikan suntikan anastėsi pada saraf frėnik yang ada diantara lėhėr sėrta dada. Pilihan pėnyėmbuhan sėtėlah itu yaitu pėlėtakan alat implan untuk mėmbėri stimulasi ėlėktrik ėntėng pada saraf vagus supaya bisa hėntikan cėgukan tėrus-mėnėrus.

Cėgukan adalah rėaksi badan yang biasanya tak bėrėsiko sėrta mėrėda dėngan sėndirinya. Tėtapi, cėgukan tėrus-mėnėrus mėsti sėlėkasnya mėmpėrolėh pėrhatian. Sėlėkasnya tanyakan dėngan doktėr bila hal sėmacam itu bėrlangsung bėrlarut-larut.