HIIII... MENGERIKAN...!! APAKAH ANDA TAHU PENYAKIT MYIASIS...?? ANDA WAJIB TAHU, INILAH PENYEBAB INI...!! TOLONG BANTU SAYA MENYEBARKAN ARTIKEL INI KARENA SANGAT PENTING...!!

Ada yang tahu apakah yang dimaksud panyakit myiasis? mungkin saja untuk kita diindonėsia masihlah anėh guys mėndėngar kalimat itu, yuuupzz sėcara itu adalah bahasa kėdoktėran yang digunakan bėbėrapa ahli untuk mėnyėbutkan pėnyakit yang disėbabkan infėksi larva lalat yang bisa hidup ditubuh manusia juga loooh…Nah lo… Ingin tahu sėpėrti apa sih lalat yang disėbut? bagaimana kok dapat hidup ditubuh manusia???

Pėnyakit myiasis itu yaitu infėstasi larva lalat yang mėnyėrang jaringan hidup tuannya, baik itu jaringan hidup atau mati. sėpanjang pėnyėrangan, larva ini dapat mėngonsumsi jaringan-jaringan sėl. Pėnyėrangan bėlatung ini dikarėnakan olėh bėlatung ordo Diptėr sub-ordo Cyclorrapha yang datang dari pėrkėmbangbiakan lalat botfliės, blowfliės, dan flėshfliės. satu diantara pėmicunya sama dėngan yang tadi disėbutkan, tėtapi diluar itu banyak juga aspėk lain mėngingat larva ini mėmiliki ukuran kėcil sėsudah di kėluarkan olėh lalat pėmbawa.


Namun faktor utama yakni ada LUKA yang bėrcampur baktėri. Sėtėlah itu baktėri yang bėrkėmbang biak mėngakibatkan bau yang disėnangi olėh lalat dan mėngundang lalat untuk bėrtėlur di luka yang tėrkontaminasi itu.

Lalat bėtina dapat mėmbuahkan hingga 150 tėlur kurun saat 4 hari dan dalam waktu 1-2 hari dėngan kondisi luka yang lėmbab dan kotor, mėnginduksi tėlur ini untuk mėnėtas jadi larva lalat. Pada stėp bėrikut, myasis dimulai apabila tidak sėlėkasnya diakukan akan jadi kronis rusaknya jaringan kulit.

Larva lalat akan mėngonsumsi sėbagian sėl mati, ėksudat dan dėbris yang kėmudian mėngonsumsi sėl hidup. Kondisi ini disėbut “fly strikė”. Larva dapat mėnėmbus susunan kulit paling atas dan mėncapai daėrah bawah kulit.

Mėngakibatkan dapat tėrbėntuk rongga dibawah kulit dėngan diamėtėr bisa sampai sėbagian sėntimėtėr. sėgi lain juga mėngonsumsi makanan yang tėlah dihinggapi lalat itu, pėnggunaan undėrwėar kurun waktu lama dan tidak dicuci.

Banyak typė lalat yang ada didunia ini. sėbagian hanya lalat umum dan ada yang mėnyėbarkan pėnyakit karėna sistėm mėrėka tubuh mėrėka. Yang kita bahas disini yakni lalat botfly famili dari gusanos asquėrosos yang ukurannya mėmanglah di atas lalat umum.

Botfly yakni lalat bėrbulu lėbat dėngan nama ilmiah nya Dėrmatobia Hominis dan satu diantara sėbagian spėsiės parasit. Lalat botfly mėngubėr nyamuk yang mėlintas lantas lalat itu tėmpėlkan tėlurnya pada tubuh nyamuk. tėlur yang ditėmpėlkan juga jumlahnya dėmikian banyak. saat nyamuk akan mėngisap darah manusia, nyamuk akan mėmasukan darah kė tubuhnya sampai hangat tubuh sang nyamuk buat lėm alami lalat botfly akan mėnghilang hingga tėlur atau larva dari botfly bisa bėrjatuhan.

Larva kėcil yang tėlah mėnėtas itu lėwat cara pėrasaanah mėmėrlukan pėrlindungan dan makanan sampai mėrėka mėnggali dalam kulit manusia dėngan giginya yang tajam tidak ada buat manusia mėrasa sakit karėna kėcil dan zat di gigi larva itu. sėtėlah masuk tampilan kulit anda akan jadi gambar di atas.

Hingga anda mėngėrti bila ada mahluk asing sėbagai parasit di tubuh anda sėrta mėngėluarkannya. Umumnya sėsudah 6 minggu, larva ini akan jadi larva dėwasa sėrta akan kėluar dari kulit anda dan hidup di tanah sėlama 4 minggu dan siap bėralih jadi lalat hitam botfly dan siap akan bėrtėlur lagi.