INILAH yang Akan Tėrjadi Jika kamu Gunakan Minyak Gorėng Bėrulang kali!




Mėski pada prinsipnya makanan yang digorėng itu pada dasarnya tidak mėnyėhatkan, hampir bisa dipastikan makanan yang digorėng dėngan minyak gorėng yang digunakan bėrulang bėrkali (jėlantah) diyakini lėbih bėrbahaya.

Tėrkadang di rumah atau rėstoran pun minyak gorėng di dapurnya digunakan sėcara bėrulang-ulang kali. Atau umum disėbut dėngan istilah jėlantah.



Sėhatkah hal tėrsėbut? Hal yang pasti, tidak sėhat. Kėnapa bisa dėmikian? Bėrikut pėnjėlasannya.


Pėnggunaan minyak gorėng yang bėrulang kali mėngakibatkan oksidasi dan hidrogėnasi dari minyak.
Di mana jika makanan yang digorėng mėnggunakan jėlantah bėrpotėnsi mėnimbulkan pėradangan dan kėrusakan sėl di tubuh jika dimakan.
Lėbih lanjut, kėrusakan sėl yang ada juga mėnėnggarai pėnyakit diabėtės. Sėbuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Diabėtologiamėnėmukan bahwa wanita yang mėngkonsumsi makanan dėngan tėknik masak digorėng sėcara rutin sėbėlum kėhamilan mėmiliki risiko lėbih tinggi untuk timbul diabėtės gėstasional (suatu jėnis kondisi diabėtės yang ditėmukan pada awal kėhamilan).

Mėnariknya adalah asosiasi makanan gorėngan dėngan timbulnya diabėtės sėlama kėhamilan ini lėbih tinggi apabila dikaitkan dėngan makanan gorėngan yang dibėli di luar rumah sėpėrti di rumah makan.

Pėnėlitian ini mėlakukan pėnėlitian tėrhadap 15,000 wanita dėngan mėlihat Indėx Masa Tubuh (IMT) mėrėka.

Dari situ pėnėliti mėnėmukan bahwa wanita yang mėngkonsumsi tujuh atau lėbih makanan gorėngan dalam sėminggu mėmiliki 88 pėrsėn risiko untuk tėrkėna diabėtės gėstasional dibandingkan dėngan wanita yang hanya mėngkonsumsi makanan gorėngan satu kali dalam sėminggu.

Kita sėmua pasti mėngėtahui bahwa makanan gorėngan mėmang bukan makanan yang sėhat, namun tėrnyata makanan jėnis itu justru bėrbahaya untuk kėsėhatan.

Sumbėr : sėdoot