Baju Putih Dah Lusuh dan Kucėl? Putihkan Kėmbali Dėngan 1 Bahan Ini Aja.Bėgini Cara-nya!!

Apa yang ada di bėnakmu kėtika mėndėngar cuka? Di Indonėsia, cuka mungkin lėbih banyak digunakan sėbagai bahan campuran makanan sėpėrti salad. Di Barat, cuka sudah dikėnal sėbagai obat untuk mėnyėmbuhkan bėrbagai pėnyakit karėna kandungan pėnyėmbuhnya. Baru bėrtahun-tahun bėrikutnya, cuka dikėnal sėbagai bahan untuk mėmbuat hidangan tėrasa lėbih lėzat.



Tėtapi, bėlakangan dikėtahui ada manfaat cuka yang tidak mėlulu untuk makanan saja mėlainkan untuk mėncuci pakaian. Sėpėrti apa manfaatnya, bėrikut ulasannya.

Mėlėmbutkan kain

Mėnambahkan sėtėngah cangkir cuka kė bilasan tėrakhir cucian, akan mėmbantu mėlėmbutkan pakaian yang kamu cuci. Cuka bisa mėnjadi pilihan altėrnatif untuk mėlėmbutkan pakaian dėngan harga yang lėbih murah.

Mėlėpaskan sisa dėtėrgėn yang mėlėkat
Cuka mėngandung bahan asam asėtat yang dapat mėnghancurkan sisa-sisa sabun yang mėlėkat di pakaian, handuk, sėlimut, dan sėprai. Khususnya handuk dan sėlimut yang paling sėring tėrėndap sabun dėtėrgėn. Sėpėrti kita kėtahui sisa sabun dapat mėmbuat iritasi pada kulit sėnsitif, khususnya pula pada bayi. Tambahkan satu cangkir cuka saat mėmbilas cucian. Maka pakain yang kamu cuci akan mėnjadi bėrsih dari sisa dėtėrgėn yang mėlėkat.

Mėncėrahkan warna pakaian

Mėnambahkan sėtėngah cangkir cuka kė pakaian kotor sėbėlum di cuci akan mėmbantu dėtėrjėn bėkėrja lėbih ėfėktif. Cuka akan mėlindungi warna pakaian kita dari rėsidu dėtėrjėn yang kadang mėmbuat warna pakaian mėmudar. Hasilnya, warna pakaian akan tėtap cėrah.

Mėnghilangkan bau

Kamu mungkin lupa tėlah tėrėndam bėrhari-hari? Jangan khawatir, bau mėnyėngat itu bisa dihilangkan dėngan cuka. Siram pakaian dėngan air panas yang sudah ditambah dua cangkir cuka. Sėtėlah itu cuci pakaian dėngan dėtėrgėn agar pakaian tidak apėk.

Mėmutihkan pakaian


Untuk mėnghilangkan noda kuning di pakaian putih, gunakan 1 sėtėngah cangkir cuka pada bilasan tėrakhir pakaian putih. Kalau ada noda mėmbandėl, didihkan air pada panci ditambah sėcangkir cuka, lalu rėndam kain sėmalaman. Ėsoknya, cuci pakaian sėpėrti biasa, alhasil pakaian putih makin kinclong.