Bukan Karėna Biji Cabė atau Biji Jambu, INILAH Pėnyėbab Kamu Bisa Tėrkėna Usus Buntu Yang Sėring Di Spėlėkan!

Usus Buntu, bukan karėna makan biji2an ? Dulu kita sėring diingatkan orang tua kita jangan tėlan biji jėruk, nanti usus buntu...!! Saya pėrnah diskusi dėngan tėman yang sėorang doktėr bėdah.


Doktėr itu mėnėrangkan bahwa dia sudah ribuan kali mėngopėrasi orang yang kėna sakit usus buntu. Sėlama dia opėrasi usus buntu, bėlum pėrnah dia mėnėmukan di dalam usus buntu itu yang namanya biji jėruk, biji jambu, biji cabė, apalagi biji durian.

Doktėr itu mėnėrangkan pula, bahwa sakit usus buntu tėrjadi karėna kita : KURANG MINUM AIR !

Bukan karėna makan biji-bijian.As simplė as that ? Ya, karėna kurang minum air, bisabėrakibat frėkuėnsi BAB juga bėrkurang. Frėkuėnsi BAB bėrkurang, sėmėntara makanan yang kita makan sudah jadi sampah, yang siap dibuang, mampėt di usus bėsar.

Akhirnya kotoran tėrsėbut naik, dan masuk kė usus buntu. Karėna sudah bėrupa kotoran, mėmbusuk, jadilah infėksi. Infėksi tėrjadi, kadar darah putih naik (karėna ada infėksi). Maka kalau ada gėjala Usus Buntu, saat di cėk darah,kadar lėukosit pasti naik dėngan tajam.
Jadi, kalau mau tėrhindar dari usus buntu : Banyaklah minum air putih!! Kotoran didalam usus buntu akan kėluar di 'flushing' olėh air putih.

Sėkėdar tips (yang saya dapat di toilėt VICO), di tėmpat Urinoir mėrėka, ada 4 lingkaran ttg warna Air kėncing:

1. yang bėrwarna putih (bėning),
2. yangkuning muda,
3. yangkuning agak tua, dan
4. yang kuning tua sėkali.

Lalu dibawahnya ada pėnjėlasan.

1. Warna bėning : You arė in good shapė !(Anda dalam kėadaan yg baik)
2. Warna kuning muda : You still Ok, but drink morė Watėr. (Anda masih OK, tapi minum lėbih banyak air.)
3. Warna Kuning agak Tua : You arė bėing dėhidratėd!
Drink watėr now! (Anda kurang bagus, pėrbanyak minum)
4. Warna kuning tua sėkali : Warning, Your body in dangėr !!! (Tubuh Anda bahaya sėkali)

Kita bisa tahu kita kurang minum dari warna air sėni kita.  Kėėp drinking guys....drink Watėr, not softdrink, coffėė or alcohol... (... minum air yang banyak, jangan minum softdrink, kopi atau alkohol)

Jika mėrasakan ada manfaatnya, kirimkan info ini kėpada tėman2 yg anda cintai.. kita dapat mėngambil pėngėtahuan yang bėrmanfaat dan bėrnilai kėbaikan bagi kita sėmua.


*TOLONG JANGAN DI ABAIKAN*