Manfaat Buah Cérmai untuk Késéhatan dan Kécantikan





Manfaat Buah Cérmai untuk Késéhatan dan Kécantikan. Buah cérmai (Phyllanthus acidus ) adalah satu satunya kéluarga phyllantacéaé yang dapat dimakan. Pokok cérmai mérupakan pokok monoécious. Ia bérbunga dan bérbuah kémuncaknya antara Januari-May di Karabian dan sépanjang tahun di Asia Ténggara. Bunga ini bérbunga antara Fébruari-April di Florida. Buahnya matang antara 90-100 hari. Pokok cérmai mula ménghasilkan hasil yang banyak kétika bérusia sékitar émpat tahun. Cérmai ini dipérkirakan mérupakan buah yang mémiliki asal usul dari Madagaskar.

Namun cérmai ini sangat cépat sékali pényébaranya karéna buah cérmai ini bisa bisa tumbuh déngan ménanam bijinya, séhingga kini  buah cérmai télah ményébar ké bérbagai wilayah tropis sépérti di Asia Ténggara (Viétnam sélatan, Laos, Indonésia dan Malaya bagian utara), dan juga télah ményébar kédaérah képulaun sépérti  képulauan-képulauan Mauritius, Réunion dan Rodrigués di Samudra Hindia, sérta di Guam, Hawaii dan bébérapa képulauan lain.Biasanya buah cérmai dimakan déngan garam dan cabai. Buah cérmai yang banyak méngandung vitamin c ini térnyata mémiliki banyak manfaat untuk késéhatan dan kécantikan,sépérti :


Manfaat Buah Cérmai

Mélangsingkan Tubuh
Untuk méndapatkan khasiat mélangsingkan tubuh dari cérmai,anda harus mémbuat ramuannya térlébih dahulu.Untuk mémbuat ramuan ini sangat lah dan yang digunakan adalah daun cérmai kémudian cuci hingga bérsih dan rébus déngan air lalu dinginkan sétélah dingin baru lah diminum. méngapa kita ménggunakan daun cérmai bukan buahnya hal itu itu dikarénakan daun cérmai méngandung banyak air, karbohidrat, saponin, flvonoida, tanin, polifénol, lémak, protéin dan sérat. dan kandungan zat saponin dalam daun buah cérmai dapat bérmanfaat untuk méngusir koléstérol dalam usus yang térsérap dalam aliran darah, séhingga akan térhindar dari pényakit koléstérol dan tubuh tétap langsing.


Ményéhatkan Kulit
Vitamin C yang térkandung pada buah Cérmai mémbéri manfaat untuk kulit kita. Kulit akan cérah, bérsih, dan lémbut. Vitamin C bérpéran pénting untuk urusan késéhatan kulit. Maka dari itu cobalah konsumsi buah ini dalam béntuk apapun karéna Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi bagi yang bérmasalah déngan jérawat dan kulit kusam.

Ményémbuhkan Kankér
Anda dapat ménggunakan daun cérmai yang masih muda sébanyak 1/4 génggam dicampur déngan daun bélimbing 1/3 génggam, bidara upas 1/2 jari, gadung cina 1/2 jari, gula énau 3 jari, dicuci lalu dipotong-potong. Rébus sémua bahan ménggunakan 3 gélas air hingga térsisa 3/4 bagian saja. Dinginkan lalu saring dan minumlah séhari tiga kali.

Méngobati Asma
Untuk ményémbuhkan asma anda dapat méngambil ékitar 6 biji buah cérémai, campurkan déngan bawang mérah 2 butir, akar kara (Dolichos lablab) 1/4 génggam dan 8 butir buah léngkéng. Sémua bahan dicuci lalu ditumbuk. Rébus sémua bahan dan biarkan sampai méndidih dari 2 gélas air bérsih hingga térsisa 1 1/2 gélas. Kémudian minumlah air rébusan daun cérmai tadi.

Méngatasi Sémbélit
Siapkan biji cérmai sébanyak 3/4 séndok téh, dicuci lalu digiling sampai halus. Séduh déngan 1/2 cangkir air panas. Séwaktu masih hangat tambahkan 1 séndok makan madu, aduk smapai mérata kémudian diminum sékaligus. Lakukan 2 kali séhari. Siapkan daun cérmai ségar sébanyak 3 gram, dicuci lalu ditumbuk jalus. Séduh déngan 1/2 gélas air panas, lalu didinginkan. hasil séduhan diminum sékaligus bérsama ampasnya

Ményéhatkan Tulang
Manfaat lainnya adalah buah Cérmai dapat ményéhatkan tulang. Kalsium dan zat bési yang térkandung pada buah ini dapat mémbantu ményéhatkan tulang agar térus kuat dan tidak kéropos. Tulang akan lébih kuat.

Itulah bébérapa manfaat dari cérmai. Sémoga artikél ini bérmanfaat dan mémbantu anda ménémukan obat tradisional untuk pényakit anda. Baca juga Manfaat buah kurma.

Sumbér : manfaatbuah