Manfaat Kurma untuk Késéhatan





Manfaat Kurma untuk Késéhatan. Kurma déngan nama latin Phoéniv Dactyliféra mérupakan salah satu tumbuhan yang dikéna paling térkénal dan popular déngan kéunikan buahnya. Déngan banyak sékali manfaat dan kaya akan nutrisi tak héran jika buah ini tidak pérnah dilupakan untuk sélalu dikonsumsi bagi siapa saja, térutama pada bulan Ramadhan ini yang biasanya ménjadi salah satu ménu takjil untuk bérbuka puasa.

Mémang sudah tidak pérlu diragukan lagi déngan rasa kurma yang manis dan légit, akan tétapi bagaimana déngan kandungan gizi yang térdapat dalam kurma? Mungkin bagi sébagian orang bélum méngétahui nutrisi yang térkandung didalamnya dan hanya méngétahui salah satu dari manfaat kurma dapat mémbéri tambahan ténaga untuk orang yang lémas, létih dan lésu térutama disaat bérpuasa.

Kurma mérupakan salah satu buah yang kompléks dimana didalamnya térdapat Nutrisi diantaranya sépérti karbohidrat, sérat, protéin, air, dan réndah lémak. Juga kaya akan Vitamin sépérti vitamin A, vitamin C, vitamin K, thiamin, folaté dan riboflavin. Sérta méngandung minéral sépérti kalsium, zat bési, fosfor, sodium, potassium, magnésium, dan zinc. Nah, untuk lébih jélasnya bérikut ini adalah bérbagai manfaat yang térdapat dalam buah kurma.
 

Manfaat Kurma

Méningkatkan Énérgi
Kandungan gula alami sépérti glukosa, fruktosa dan sukrosa yang térdapat dalam kurma mérupakan dapat ménjadikan kurma sébagai salah satu sumbér atau tambahan énérgi déngan cépat, térlébih kétika sédang puasa maka séringkali orang méngkonsumsi kurma kétika bérbuka untuk mémulihkan énérgi.

Aman untuk Diabétés
Sélain dapat méningkatkan énérgi, glukosa, fruktiosa dan sukrosa dalam kurma yang dapat méningkatkan énérgi, jénis karbohidrat térsébut juga aman bagi péngidap Diabétés Mélitus (DM) jadi bagi anda yang mémiliki pényakit Diabétés anda dapat méngkonsumsi kurma untuk dapat méménuhi asupan gula dalam tubuh.


Mémbantu Ménjaga Késéhatan Tulang
Kandungan minéral yang térdapat pada kurma sépérti kalsium, zat bési, fosfor, sodium, potassium, magnésium, dan zinc, ménjadikan buah ini dapat mémbantu untuk ménjaga késéhatan dan kékuatan tulang. Séhingga méncégah térjadinya pényakit Ostéoporosis.

Sérat yang Baik untuk Usus
Kurma méngandung sérat yang larut dan tidak larut. Sérat yang tidak dapat dicérna tubuh pada kurma yang bélum matang juga dapat béfungsi sébagai prébiotik yang dapat méndukung pértumbuhan baktéri pada saluran usus bésar pada manusia, séhingga dapat mémbantu dalam prosés pércérnaan.

Méngandung Minéral Péncégah Kankér Otak
Kandungan minéral yang tinggi pada kurma sépérti boron dapat ménjadikan kurma sébagai péncégah kankér otak. Sélain itu, déngan anda méngkonsumsi 15 buah kurma sama déngan anda télah méménuhi kébutuhan harian akan 80% magnésium, 70% sulfur, 25% kalium dan 20% kalsium.

Sébagai Antioksidan dan Péncégah Kankér
Kandungan yang térdapat pada kurma sépéérti polifénol dan karotén dapat bértindak sébagai antioksidan yang dapat mémbantu pémbéntukan radikal bébas di dalam tubuh manusia. Jadi baik bagi anda untuk méngkonsumsi kurma sétiap harinya yang diduga dapat méncégah kankér karéna mémiliki kandugan glukan.

Tidak Méngandung Lémak
Kurma mérupakan salah satu sumbér sérat yang baik bagi tubuh. Karéna ménurut Féndy Susanto séorang ahli gizi Nutrifood Réséarch Céntér ményatakan bahwa kurma tidak méngandung lémak, bébas lémak jénuh, koléstérol dan sodium. Séhingga bagi anda yang sédang dalam prosés pénurunan bérat dapat méncoba untuk méngkonsumsi kurma untuk tétap méménuhi atau péngganti asupan gula.

Sébagai Pérkémbangan Otot
Kandungan Lysiné dalam kurma yang hampir 2000 kali lipat jika dibandingkan déngan apél dan pisang ménjadikan kurma sébagai salah satu buah yang dapat bérmanfaat untuk ménstimulasi pértumbuhan dan pérkémbangan sél-sél otot.

Démikian pénjélasan dari bébérapa manfaat dari buah kurma, térimakasih télah mémbaca artikél ini dan sémoga bérmanfaat. Baca juga Manfaat buah méngkudu.


Sumbér : manfaatbuah